7 Ide Desain Fasad Rumah Bali untuk Hunian Modern


Helloshabby.com -- Bali bukan hanya terkenal dengan pariwisatanya, bahkan arsitektur huniannya juga terkenal sampai ke manca negara. Arsitektur khas Bali memilik daya tarik tersendiri. Bentuk bangunan yang khas, memadukan kesan sakral, tradisional sekaligus nuansa tropis yang membuat rumah tampak berbeda dengan rumah tetangga di sekitar rumah.

Kini, rumah modern juga dapat memasukkan arsitektur khas Bali. Rumah modern dengan nuansa Bali akan terlihat unik dan menampilkan suasana asri yang nyaman dan tenang pada pemiliknya. Gaya arsitektur Bali sangat cocok diterapkan pada desain fasad rumah. Butuh inspirasinya, simak ulasan 7 Ide Desain Fasad Rumah Bali untuk Hunian Modern.



Desain Fasad Rumah Bali Modern dengan Pagar Angkul-angkul

cr:instagram/ed_erudesign

Ciri khas dari rumah Bali adalah adanya angkul-angkul. Angkul-angkul merupakan gerbang rumah adat Bali dengan desain yang megah dan menarik mata. Angkul-angkul juga dipercaya sebagai penangkal gangguan ilmu hitam. 

Fasad rumah modern 2 lantai terlihat menarik dipadukan dengan gaya arsitektur khas Bali. Angkul-angkul dibangun di atas garasi. Meski bernuansa tradisional, tapi bentuknya tidak mengurangi nilai estetika dari hunian modern. Justru memberikan kesan fasad rumah yang lebih eksotis dan unik. 


Desain Fasad Rumah Bali dengan Material Alami

via:instagram/inspirasi_rumah_bali

Rumah Bali umumnya dibuat dari material alami. Kayu, bambu dan batu alam bisa dijadikan pondasi atau finishing rumah. Anda bisa membuat hunian modern khas gaya rumah tradisional Bali. Batu alam dijadikan material dinding utama. Rumah juga ditopang oleh tiang-tiang kokoh yang membuat rumah tampak megah. Belum lagi, pintu ukir dan ornamen detail khas Bali yang membuat rumah makin bernuansa Bali. 


Desain Fasad dengan Atap Runcing 

cr:instagram/archiputra

Anda bisa merancang rumah modern dengan sentuhan Bali. Misalnya, membuat bagian atap layaknya rumah Bali dengan dekorasi atap yang tampak meruncing. Ornamen atap ini membuat fasad rumah bernuansa Bali. Selain itu, bentuk atap yang tampak menjulang memberikan kesan hunian yang lebih elegan. Untuk keamanan, Anda juga dapat memasang penangkal petir pada ujung atap ini. 


Desain Fasad Rumah Bali Modern dengan Halaman yang Luas

cr:instagram/rafapahing

Model atap seperti ini sudah membuat rumah modern sedikit bernuansa Bali. Terapkan gaya arsitektur Bali lainnya pada desain eksterior rumah. Misalnya, membuat halaman yang luas baik pada halaman depan atau belakang rumah. Halaman rumah dapat digunakan sebagai taman segar berfungsi untuk membentuk keharmonisan yang baik untuk sebuah hunian. 


Desain Fasad Rumah Bali Modern dengan Pagar Batu Alam

cr:instagram/rafapahing

Bali sangat terkenal dengan nuansa alamnya. Konsep arsitektur Bali dapat diterapkan dengan membuat tembok pagar dari batu Alam. Anda bisa menggunakan batu alam krem yang berpadu indah dengan pagar woodplank dan batu andesit pada tembok pagar. Pagar batu alam krem ini memberikan tampilan fasad yang lebih segar dan cerah. 


Desain Fasad Rumah dengan Nuansa Alami yang Asri

cr:instagram/archiputra

Batu alam memang primadona untuk menciptakan fasad rumah yang eksotis dan segar. Batu alam bisa dijadikan finishing untuk dinding eksterior dan tembok pembatas. Buat taman dan kolam air segar untuk memberikan atmosfir sejuk dan asri, layaknya nuansa Bali yang penuh vibe liburan. Fasad juga bisa dibuat terbuka untuk membuat aliran udara lebih banyak masuk ke dalam rumah. 


Desain Fasad Rumah Tradisional serasa Vila Bali

cr:instagram/arsitekrumahmurah

Fasad rumah ini memang tidak sepenuhnya mengambil konsep arsitektur Bali. Rumah ini menggabungkan gaya rumah Bali dan Jawa, yang khas akan permainan material alam. Dinding dan pilar rumah menggunakan bata merah ekspos untuk memberikan nuansa rumah yang terasa adem. Tanaman tropikal seperti Calathea lutea yang sering ditanam pada vila Bali, bisa Anda tanam di depan rumah. Rumah tradisional pun akan serasa vila Bali yang ngangenin. 




Terimakasih telah menyimak artikel 7 Ide Desain Fasad Rumah Bali untuk Hunian Modern sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Bagi anda yang membutuhkan jasa desain rumah dengan sentuhan arsitektur Bali,  silahkan hubungi whatsapp 08568160677 atau klik www.hsdesain.com.



Categories in English