8 Trik Membuat Dekorasi Ruang Tamu Minimalis agar Terlihat Luas


Helloshabby.com -- Ruang tamu tanpa adanya dekorasi akan terasa kosong dan membosankan. Namun begitu, tidak semua model dekorasi cocok diterapkan pada ruang tamu berukuran kecil. Kita harus pintar memilih dekorasi yang pas untuk ruang tamu minimalis. Salah-salah, ruangan akan terlihat semakin kecil dan berantakan. 

Khusus untuk Anda, kami telah merangkumkan 8 Trik Membuat Dekorasi Ruang Tamu Minimalis agar Terlihat Luas. Trik dekorasi ini dijamin bisa membuat ruangan terasa lapang dan tak kalah menarik. 


1. Pilihan Warna Cerah pada Dinding

cr:instagram/nindysasmita

Warna cerah adalah warna terbaik untuk ruang tamu minimalis. Warna cerah tak identik dengan warna putih saja, Anda bisa memilih padu-padan warna dinding yang tetap terlihat cerah nan cantik. Misalnya, memilih kombinasi dinding pink dan putih seperti ini. Warna pink pekat sebagai tema ruang tamu, sedang warna putih sebagai penyeimbang sekaligus aksen, sehingga ruang tamu terkesan lebih luas. 



2. Penggunaan Meja Kopi Kecil

cr:instagram/rumah_stia

Ruang tamu tak lengkap tanpa adanya coffee table atau meja kopi. Meja inilah tempat meletakkan dekorasi vas dan minuman untuk tamu yang berkunjung. Siasati ukuran yang terbatas, dengan memilih meja kopi berukuran kecil tidak melebihi ukuran sofa yang dipakai. Anda bahkan bisa memilih model meja seperti ini. Desain meja cukup rendah dan ramping, sehingga tidak memenuhi ruangan. 


3. Mendesain Langit-langit Rumah dengan Maksimal

cr:instagram/eka_putriharyani

Langit-langit rumah juga memberikan dampak pada kesan luas pada ruang tamu. Saat pembangunan, pastikan rumah minimalis Anda memiliki langit-langit yang cukup tinggi. Langit-langit atau plafon yang tinggi akan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik. Ruangan pun tidak akan terasa terlalu sumpek. Beri sentuhan dekoratif, misalnya dengan memilih plafon up ceiling memanjang dengan lampu gantung unik dan lampu neon untuk memberikan efek dinamis pada ruang tamu.


4. Hadirkan Cermin Ruang Tamu

cr:instagram/my_homes_diaries

Hadirkan cermin di ruang tamu minimalis Anda. Cermin bisa menambahkan ilusi ruang, yang membuat ruangan terlihat luas. Ada berbagai desain cermin yang dipilih. Pilih sesuai selera atau pilih desain cermin bulat seperti ini. Desain cermin bulat yang ramping tampak selaras dengan desain furnitur di dalamnya. Di samping cermin, tambahkan bingkai hias untuk menyeimbangkan tampilan cermin dinding. 


5. Gunakan Karpet Motif Besar 

cr:instagram/rumahbisabiasasaja

Tak perlu khawatir untuk meletakkan karpet motif besar di ruang tamu mungil. Karpet besar dengan motif vintage berwarna krem ini bisa memberikan kesan ruang tamu yang lebih luas dan lapang. Apalagi karpet motif besar ini juga dapat membuat ruang tamu lebih hangat dan homey.  


6. Pencahayaan Ruang Tamu

cr:instagram/evi_umqismina

Trik lain untuk membuat ruang tamu terlihat terang dan luas adalah dengan memaksimalkan pencahayaan alami pada ruang tamu. Cahaya matahari dapat masuk melalui jendela dan pintu rumah. Ruang tamu pun akan terlihat cerah alami dan memberikan suasana ruang tmau yang lebih sehat. Anda juga dapat memilih tirai sheer putih agar cahaya alami yang masuk tidak terlalu mencolok. 


7. Dekorasi Tanaman Hias yang Menyegarkan

cr:instagram/rumah_stia

Pertimbangkan untuk memilih dekorasi tanaman hijau di ruang tamu minimalis Anda. Tak harus banyak, Anda bisa memilih satu atau dua tanaman untuk diletakkan di sudut-sudut ruang tamu. Tanaman sederhana dan mudah dirawat, seperti Sansevieria juga cocok untuk ruang tamu minimalis. Ruang tamu akan terasa lebih segar berkat dekorasi tanaman hijau. 


8. Meminimalisir Sekat

via:instagram/rumahmungil

Kurangi penggunaan sekat pada rumah minimalis Anda. Alih-alih sekat atau partisi, tak masalah mencoba desain ruang tanpa sekat. Ruang tamu bisa dibuat menyatu dengan area lain. Furnitur di setiap ruang dapat berfungsi sebagai pembatas dan pembeda nuansa ruangan. Ruang tamu pun akan terlihat lebih luas, dengan minimnya sekat di dalamnya. 




Terimakasih telah menyimak artikel 8 Trik Membuat Dekorasi Ruang Tamu Minimalis agar Terlihat Luas sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English