Desain Rumah Modern Tropis 2 Lantai 3 Kamar Tidur Di Lahan 6 x 11 M Saja


Helloshabby.com -- Indonesia termasuk negara beriklim tropis, untuk itu setiap bangunan rumah sudah pasti menyesuaikan kondisi tersebut. Iklim tropis juga berpengaruh pada desain arsitektur hunian. Ada desain rumah modern yang mengusung nuansa tropis yang lebih kuat daripada desain rumah biasa. 

Menurut Arsimatra, arsitektur tropis bukan hanya seputar penggunaan material bernuansa alam atau pemanfaatan vegetasi/tanaman. Rumah bernuansa tropis juga harus mencakip denah, sirkulasi, pencahayaan yang mempertimbangkan iklim tropis. Dengan begitu, rumah tropis bisa meningkatkan kualitas hidup penghuninya. 

Kali ini, Helloshabby.com akan mengajak Anda untuk melihat inspirasi dari Desain Rumah Modern Tropis 2 Lantai 3 Kamar Tidur Di Lahan 6 x 11 M Saja.


Desain Fasad Rumah Tropis yang Asri

cr:instagram/arsimatra

Desain rumah dua lantai ini menggabungkan gaya arsitektur modern dan tropikal. Kesan modern terlihat dari bentuk bangunan simetris dengan atap pelana yang cenderung mudah dibangun. Sedangkan, gaya tropis dimainkan pada detail ornamen fasad, misalnya:
  • pemasangan secondary skin atau kisi-kisi dari bilah kayu pada dinding lantai dua,
  • dinding eskterior dengan gaya bata merah dan bata roster,
  • penggunaan vegetasi sebagai penutup teras dan dekorasi depan rumah.

Desain Bangunan Rumah Tampak Samping


Finishing eksterior rumah yang didominasi oleh warna cokelat alami dengan sentuhan tanaman hijau, sangat menguatkan nuansa tropis. Pada area carport turut dipasang kanopi rangka baja dengan atap transparan, untuk melindungi kendaraan dari teriknya matahari dan terpaan hujan. Desain fasad rumah bisa dibuat tanpa pagar, untuk memberikan kesan terbuka yang memungkinkan angin segar masuk lebih maksimal ke dalam rumah. 


Inspirasi Ruang Keluarga Bernuansa Tropikal

cr:instagram/64ranch

Tak banyak ulasan inspirasi interior kali ini. Namun, Helloshabby.com akan memberikan satu inspirasi ruang keluarga yang sangat cocok dengan rumah tropis. Ruang keluarga ini mengambil tema tropis dengan meletakkan tanaman tropis, seperti calathea lutea, monstera sampai tanaman yang digantung di sepanjang jendela.

Penggunaan jendela kaca yang mengelilingi dinding, akan memaksimalkan cahaya alami masuk secara maksimal ke area ini. Tanaman gantung di atas jendela bisa dijadikan tirai alami untuk menghalau sinar matahari yang menyilaukan.  


Axsonometri Lantai 1 Rumah Modern Tropis

cr:instagram/arsimatra

Beginilah dimensi interior ruangan yang ada pada lantai satu. Hunian ini memiliki desain ruang tamu yang tidak satu ruang dnegan area lain, sehingga akan memberikan privasi dan kenyamanan pada tamu yang berkunjung. Area bersama, seperti dapur dan ruang makan dibuat terbuka untuk memberi nuansa kebersamaan. Interior rumah tetap memaksimalkan aksen tropis dengan pemasangan jendela pada setiap ruang, sehingga ruangan tidak terasa pengap.  


Axsonometri Lantai 2 Rumah Modern Tropis


Area lantai dua lebih difungsikan untuk kamar tidur dan ruang berkumpul bersama, yaitu ruang keluarga. Kamar tidur utama langsung  menghadap balkon, yang akan memberikan ruang terbuka tersendiri pada pemilik rumah. Jendela juga dimaksimalkan di sekitar tangga untuk memaksimalkan udara yang masuk ke area void rumah


Denah Rumah Modern Tropis Lantai 1

cr:instagram/arsimatra

Lantai satu di rumah ini, terdapat: carport berukuran 3 x 4 M, taman berukuran 3 x 2 M, teras berukuran 3 x 1.5 M, ruang tamu berukuran 3 x 3 M, kamar tidur 1 berukuran 3 x 2.5 M,  ruang makan dan tangga berukuran 4 x 3 M, dapur berukuran 2.25 x 3 M, ruang cuci jemur berukuran 2 x 1.5 M, taman belakang berukuran 2.5 x 1.5 M dan kamar mandi berukuran 1.5 x 1.5 M.


Denah Rumah Modern Tropis Lantai 2 


Lantai dua dalam dimensi 6 x 9 M terbagi menjadi, area balkon berukuran 3 x 1.5 M, kamar tidur 2 berukuran 3 x 3 M, kamar tidur 3 berukuran 3 x 2.5 M, ruang keluarga berukuran 3 x 3 , dan kamar mandi berukuran 2 x 1.5 M. 



Demikianlah, inspirasi dari Desain Rumah Modern Tropis 2 Lantai 3 Kamar Tidur Di Lahan 6 x 11 M Saja. Desain rumah tropis dua lantai ini sangat cocok diterapkan untuk Anda yang memiliki lahan terbatas, dan ingin memiliki hunian bernuansa segar. Semoga ulasan ini bisa jadi referensi dalam membangun rumah impian Anda. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/arsimatra



Categories in English