Inspirasi Rumah Tanpa Sekat 5 x 12 M Terasa Pas, Luas dan Bikin Puas


Helloshabby.com -- Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk melihat 15 gambar inspirasi hunian dalam luas 5 x 12 M. Rumah ini mengusung gaya ruangan tanpa sekat, di mana dalam satu ruang terdapat dua atau lebih area yang berbeda fungsi. Penataan ini akan membuat ruangan terasa lebih luas dan fungsional. 

Meski dari luar terlihat seperti satu lantai, tapi hunian ini memiliki lantai tambahan yang membuat pemiliknya memiliki lebih banyak ruang fungsional, walau pun memiliki ukuran lahan yang terbatas. Untuk detail lengkapnya, simak ulasan Inspirasi Rumah Tanpa Sekat 5 x 12 M Terasa Pas, Luas dan Bikin Puas, di bawah ini.


Eksterior Fasad dengan Atap Tinggi

cr:instagram/rumahtcm217

Dimulai dari fasad rumah. Hal yang menonjol dari eskterior ini adalah bentuk atap pelana yang terlihat lebih tinggi dan miring dibandingkan model rumah minimalis lainnya. Bentuk atap tinggi ini menyesuaikan ruang mezanin atau tambahan lantai vertikal di dalam rumah. Alih-alih dibangun seperti fasad rumah dua lantai, model fasad seperti ini cenderung lebih praktis. 


Teras Rumah 

Teras rumah ini memiliki ukuran 2.55 x 2.4 M. Penataan teras cukup sederhana, dengan hanya sepasang kursi teras dan meja kopi bundar sebagai furnitur utama. Ornamen teras mengandalkan dekorasi bertema alam. Misalnya, tanaman hias Sanseviera, bingkai tanaman, sampai akuarium mini di pojok teras. Opsi pengaturan teras seperti ini memberi tampilan teras yang lapang dan segar.


Inspirasi Ruang Tamu Minimalis

cr:instagram/rumahtcm217

Karena dibuat dalam konsep open space, ruang tamu menggunakan furnitur yang ramping. Sebuah sofa 3 seat dan tambahan kursi, serta meja kopi minimalis sudah sangat layak dijadikan sebuah ruang tamu fungsional. Posisi furnitur juga tidak menghalangi pintu masuk, sehingga tidak mengganggu akses keluar masuk. 


Visual Ruang Tanpa Sekat


Rumah tanpa sekat ini menyatukan tiga area dalam satu space. Ada ruang tamu, ruang keluarga dan dapur. Dimensi ruang tanpa sekat ini berukuran 2.55 x 8.39 M. Bila dipaksakan menggunakan partisi atau dinding solid, setiap ruang akan terlihat lebih kecil dan sempit. 


Dapur Di Area Void

cr:instagram/rumahtcm217

Dapur yang diposisikan pada ruang kosong di tengah-tengah kontruksi dua lantai menjadi opsi yang tepat. Dapur dengan aktivitas memasak yang rutin, lebih cepat terasa panas atau pengap. Untungnya, posisi void bisa membuat dapur ini tetap terasa segar, karena sirkulasi udara yang mengalir ke area dapur. 


Kitchen Set Minimalis yang Fungsional


Dapur ini mengusung konsep less is more. Tidak banyak furnitur atau barang yang ditempatkan. Makanan dan peralatan masak tertata rapi pada kulkas juga kabinet di bawah meja dapur.  Karena dapur langsung menghadap ruang tamu, cooker hood dipasang untuk menyerap asap dan bau masakan. Sehingga, tidak membuat kita merasa sungkan bila ada tamu yang berkunjung. 


Meja Bar sebagai Pembatas Ruangan

cr:instagram/rumahtcm217

Untuk menambah privasi dan kenyamanan, sebagian sisi meja dapur juga bisa berfungsi sebagai partisi antara dapur dan ruang terbuka lainnya. Sehingga, aktivitas di dapur tidak sepenuhnya terlihat dari area lain. 


Area Bawah Tangga yang Multifungsi


Pada rumah ini, setiap sudut dimanfaatkan dengan baik oleh pemiliknya. Termasuk memfungsikan ruang di bawah tangga. Sudut segitiga di bawah tangga dijadikan kabinet penyimpanan. Begitupun sudut di bawah tangga, bisa pula dijadikan tempat touch up pemiliknya. 


Kamar Tidur Minimalis yang Lapang

cr:instagram/rumahtcm217

Kamar tidur utama terletak di lantai mezanin. Setiap ruang di rumah tanpa sekat ini mengusung penataan minimalis. Tidak banyak furnitur atau barang yang diletakkan. Hanya furnitur inti, seperti ranjang, rak ambalan dan lainnya. Dinding memiliki warna netral untuk menampilkan kesan bersih dan lebih luas. 


Ruang Setrika 

cr:instagram/rumahtcm217

Lantai mezanin terbagi menjadi 4 ruang, sebagai kamar utama, ruang jemuran dan ruang setrika. Tampilannya sederhana seperti di atas. Meja ambalan dijadikan pilihan agar terkesan ramping. Ruang gosok ini juga multifungsi, dengan tambahan kulkas dan dispenser air. Sehingga, penghuni kamar lantai dua tidak perlu turun hanya untuk mengambil air atau makanan ringan.


Ruang Belajar Di Sisi Kamar Anak


Kamar tidur anak baiknya dilengkapi dengan satu set meja belajar seperti ini. Penataannya bisa diletakkan di sisi kamar tepat di sebelah lemari pakaian. Meski terlihat kecil, tapi rak ambalan unik dan dekorasi peta dunia membuat meja belajar tetap terlihat estetik. 
    

Kamar Mandi dengan Nuansa Abu-abu

cr:instagram/rumahtcm217

Kamar mandi bersama terletak di sebelah dapur. Kamar mandi ini berukuran 1.62  x 1.55 M. Di dalamnya terdapat fitur yang lengkap dari toilet, bak air dan shower. Dinding dan lantai kamar mandi dalam nuansa abu-abu membuat kamar mandi tidak terkesan begitu kaku. 


Bonus Denah Rumah


Bila Anda tertarik dengan rumah tanpa sekat 5 x 12 M ini, Anda bisa menjadikan denah ini sebagai inspirasi untuk rumah idaman Anda. Rumah mengusung konsep mezanin untuk memaksimalkan setiap space yang ada. 



Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Rumah Tanpa Sekat 5 x 12 M Terasa Pas, Luas dan Bikin Puas sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English