7 Ide Penataan Ruang Cuci di Belakang Rumah, Ada Kamar Mandi dan Jemuran


Helloshabby.com -- Posisi ruang cuci biasanya memang diletakkan di belakang rumah. Penataan ini akan makin efektif dan efisien bila ruang cuci menjadi satu area dengan kamar mandi dan jemuran. Bukan tanpa sebab, ruang cuci di belakang rumah akan memberikan rasa privasi saat harus mencuci dan melakukan aktivitas bebersih lainnya. Aliran air untuk mencuci juga bisa lebih maksimal, karena area belakang rumah biasanya menjadi pusat saluran air. 

Bila Anda ingin mengoptimalkan area belakang rumah jadi tiga ruang fungsional sekaligus, yuk intip 7 Ide Penataan Ruang Cuci di Belakang Rumah, Ada Kamar Mandi dan Jemuran! Anda bisa juga lho mendesain ruang cuci jemur yang anti kehujanan. 


Area Belakang Rumah yang Serbaguna

cr:instagram/hannibii

Area belakang hunian ini difungsikan sebagai area yang multifungsi. Bukan hanya tempat cuci, ada pula dapur, taman, kamar mandi, sampai taman kecil. Untuk ruang cuci sendiri menjadi satu area dengan dapur. Aliran air telah dipertimbangkan matang, sehingga tidak membasahi lantai dapur. Untuk menjemur pakaian, pemilik bisa memasang rak gantung tepat di sekitar taman. Adanya atap transparan akan membuat jemuran tetap kering dan bebas dari kehujanan. 


Ruang Cuci Jemur Menghadap Kamar Mandi

cr:instagram/aqillahome

Area belakang rumah bisa tampil maksimal dan super fungsional seperti ini. Pemilik rumah mampu menghadirkan dua kamar mandi yang berhadapan dengan ruang cuci. Ruang untuk mencuci dibuat ala taman yang tampak cantik dan segar. Apalagi tambahan karpet khusus warna hijau yang makin menyegarkan suasana belakang rumah. Atap transparan juga mencerahkan dan bisa membuat jemuran kering dengan cahaya matahari. 


Ruang Cuci Jemur Mini Di Depan Kamar Mandi 

cr:instagram/tiasuhari

Anda tak harus menghadirkan space yang luas untuk area mencuci. Coba saja desain ruang cuci jemur yang satu ini. Tempat cuci jemur langsung menghadap kamar mandi. Pembuangan air cucian dibuat langsung ke saluran yang telah dibuat khusus di samping mesin cuci. Anda juga bisa memasang rak gantung lipat untuk menjemur pakaian di dalam rumah. Jarak antara mesin cuci, rak jemur lipat dan pintu kamar mandi cukup pas, sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas keluar masuk kamar mandi. 


Ruang Cuci Jemur dengan Semen Ekspos

cr:instagram/_ummuhabibie

Area belakang rumah bisa menjadi tempat terluar dari rumah Anda. Semen ekspos dengan lantai keramik hitam memberikan visual yang terasa lebih dingin dan sejuk. Anda bisa membuatnya semi indoor dengan tambahan atap transparan seperti ini. Area mencuci pun dibuat lebih landai dengan keramik bertekstur yang lebih kecil. Desain yang landai akan membuat air bekas cucian bisa mengalir lebih cepat ke saluran pembuangan. 


Ruang Cuci Jemur dan Kamar Mandi yang Rapi

cr:instagram/arissacorazonzainal

Seberapapun luas belakang rumah, pastikan Anda menatanya dengan rapi dan apik. Anda bisa membuat area khusus mesin cuci dengan desain cor seperti ini. Selain membuatnya tampak lebih rapi, Anda juga akan mendapatkan meja tambahan untuk penyimpanan  alat mencuci baju. Bila tak cukup, pasang rak ambalan dinding. Rak ambalan pastinya akan membuat Anda lebih mudah saat mengambil alat cuci yang diperlukan. 


Ruang Cuci dan Kamar Mandi Serba Pink 

cr:instagram/nakypink

Meskipun kecil, Anda bisa membuat desain ruang belakang tampak menggemaskan. Gunakan warna tematik pink untuk membuat ruang cuci jemur Anda lebih cantik. Anda bisa menerapkannya pada desain mesin cuci, karpet, dekorasi bunga sampai pintu kamar mandi. Manfaatkan ruang vertikal untuk memasang tali jemuran. Pasang sampai 5 buah tali (menyesuaikan ruang), semakin banyak tentu Anda bisa menjemur lebih banyak pakaian. 


Ruang Cuci Jemur Semi Outdoor

cr:instagram/katakitahome

Tak semua dari kita memiliki ruang belakang indoor. Ada pula yang memiliki desain ruang belakang semi outdoor seperti ini. Mesin cuci diposisikan dekat kamar mandi. Selang tambahan diperlukan untuk menyalurkan air bersih dari kran kamar mandi. Begitupun, saluran air bekas cucian bisa dialirkan pada saluran pembuangan di kamar mandi. Pemilik tinggal  menjemur pakaian di luar ruangan yang tersedia. 




Terimakasih telah menyimak artikel 7 Ide Penataan Ruang Cuci di Belakang Rumah, Ada Kamar Mandi dan Jemuran sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English