Fungsikan Lahan Belakang Menjadi Taman Indoor yang Fungsional

 

Helloshabby.com -- Ketersediaan lahan yang semakin terbatas terutama di daerah perkotaan dipastikan akan memengaruhi pada ukuran lahan hunian. Biasanya desain rumah minimalis menyisakan lahan belakang, nah apabila sering difungsikan sebagai tempat jemuran, mulai sekarang anda dapat menyulapnya menjadi taman yang cantik. Keberadaan taman di rumah selain memperindah tampilan, juga membawa atmosfer hunian yang lebih asri.

Area atau lahan belakang rumah merupakan tempat terbaik sebagai tempat berkumpul bersama keluarga yang menyenangkan. Letaknya yang berada di belakang akan memberikan privasi yang lebih sehingga aktivitas quality time pun akan berlangsung tanpa adanya gangguan yang berarti.

Kali ini Helloshabby.com akan membagikan inspirasi rumah milik akun Instagram @rumahnayyara20 yang memfungsikan lahan belakang menjadi taman indoor yang fungsional. Mari simak ulasan lengkapnya bersama-sama dibawah ini!


Desain taman indoor memanjang

Sebenarnya merancang taman indoor tidak terlalu sulit, anda bisa memulainya dengan menentukan ukuran space ruang halaman belakang milik anda. Nah untuk contoh diatas, sesuai dengan kapasitas lahan yang tersedia, taman indoor dirancang khusus dengan konsep memanjang.

Untuk ukurannya cukup minimalis 2,7x 6 meter, tapi tetap tampil cantik dengan penataan yang rapi dan terorganisir. Kehadiran taman indoor selain memperindah tampilan hunian, dapat anda manfaatkan sebagai ruang makan hingga tempat untuk berkumpul bersama keluarga yang menyenangkan.


Menggunakan atap transparan untuk memaksimalkan pencahayaan

 
Tips menghadirkan taman indoor berikutnya adalah dengan menggunakan atap transparan. Sehingga ruangan dibawahnya memungkinkan mendapatkan pencahayaan sepanjang hari. Inspirasi taman indoor diatas menggunakan detail  atap skylight berbahan kaca tempered dengan ketebalan 10 mm.
Terik matahari di siang hari dapat anda siasati dengan kombinasi kisi-kisi kayu yang elegan. Penggunaan jenis oven kayu meranti terlihat harmonis dengan dekorasi hanging lamp dengan kap lampu rotan yang menawan. Dipastikan ruangan dibawahnya akan terasa lebih sejuk dan nyaman. 

Dinding batu alam yang menawan

 
  
 
Dominasi material yang ramah lingkungan membawa suasana hunian yang lebih sejuk dan asri. Material ramah lingkungan, bisa anda wujudkan melalui penggunaan material dinding batu alam paras jogja nuansa krem hangat yang homey. Beberapa furnitur berbahan kayu juga menjadikan keseluruhan hunian yang lebih elegan.
Jangan lupakan kehadiran tanaman hijau sebagai dekorasi untuk memperindah tampilan dan hunian akan terasa lebih sejuk.
 

 View taman indoor dari dalam ruangan

Keberadaan taman indoor didalam hunian memang terbukti dapat membuat keseluruhan desain rumah yang lebih asri. Lahan belakang rumah ini berdampingan langsung dengan ruang makan dan dapur, jadi dipastikan kegiatan memasak dan makan bersama akan ditemani view taman indoor yang cantik.

Kombinasi antara rumput hijau dan lighting menawan di malam hari menjadikan desain interior jauh dari kata membosankan.

Lighting indah pada taman indoor


Hadirkan suasana taman belakang rumah yang lebih hangat dengan menggunakan kombinasi lighting yang menawan. Selain lampu utama, taman indoor juga dilengkapi dengan kombinasi lampu sorot bernuansa warm white yang hangat. Ada juga hanging lamp dengan kap rotan yang membawa kesan tampilan taman lebih natural.

Selain homey, penggunaan lighting menampilkan kesan taman yang lebih menarik dan kekinian ala cafe yang cantik.

Itulah ulasan lengkap inspirasi menyulap lahan belakang menjadi taman indoor yang fungsional yang dapat anda jadikan sebagai referensi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. Jangan lupa dapatkan artikel menarik lainnya hanya di Helloshabby.com. Terimakasih.


Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Berbagai sumber



Categories in English