7 Ide Desain Mushola Di Area Belakang Rumah, Ibadah Lebih Nyaman Meski Di Rumah Saja


Helloshabby.com -- Ibadah akan terasa lebih khusyu' bila kita memiliki ruang ibadah atau musola tersendiri di rumah. Anda bisa menghadirkannya pada area belakang rumah. Bukan tanpa sebab, area belakang rumah cenderung berjarak dari interior utama, sehingga meminimalisir gangguan suara yang mengganggu fokus saat ibadah. Area belakang rumah biasanya juga memiliki taman hijau yang akan memberi suasana yang tenang dan nyaman untuk melakukan ibadah solat atau mengaji. 

Nah, bila Anda sedang mencari inspirasi desain musola untuk di rumah. Yuk, simak ulasan menarik tentang 7 Ide Desain Mushola Di Area Belakang Rumah, Ibadah Lebih Nyaman Meski Di Rumah Saja.


Desain Musola Terbuka Di Belakang Rumah

instagram/vonitabermana

Salah satu desain musola terbuka cukup banyak diterapkan pada area belakang rumah. Musola ini tidak memiliki pintu atau jendela dengan taman hijau belakang. Hanya sebuah partisi besi sebagai sekat di antaranya. Desain terbuka akan memungkinkan udara segar masuk ke area musola, sehingga Anda tidak merasa gerah saat melakukan solat. Desain musola ini dibuat maksimal dengan lantai keramik cokelat dan dinding batu alam, yang tampak asri dan adem. 


Musola Minimalis dengan Backdrop Elegan

instagram/beautyfirda

Hadirkan desain musola yang setidaknya menyerupai tampilan masjid kota. Anda bisa menambahkan backdrop mushola seperti di atas. Backdrop ini membuat arah sujud jadi lebih jelas, sehingga tamu yang berkunjung tidak merasa bingung arah solat saat berada di rumah Anda. Penggunaan pintu kaca sangat pas untuk memberi ilusi ruang yang lebih luas daripada aslinya. 


Mushola Kecil Menyatu dengan Taman Belakang

instagram/shusihome

Desain musola yang menyatu dengan taman memang menawarkan kesejukkan visual dan udara. Penataan ini diharapkan memberi suasana ibadah yang syahdu. Desain taman yang digunakan merupakan taman kering, dengan karpet rumput dan tanaman pot. Sehingga, risiko serangga memasuki area mushola dapat terhindari. Bila space mushola terbilang kecil, rak tangga untuk menggantung sarung, sajadah dan mukena  adalah pilihan yang tepat.


Mushola Belakang dengan Tempat Wudhu

instagram/leilanirahma

Membuat sebuah mushola, jangan lupa untuk melengkapinya dengan tempat wudhu. Akan lebih baik bila desain tempat wudhu menjadi satu area dengan mushola belakang rumah. Tata letak ini ditujukan agar kesucian setelah berwudhu tidak hilang, saat berjalan dari tempat wudhu ke tempat solat. Area berwudhu dan mushola dibedakan dengan desain elevasi lantai yang lebih tinggi dan pembatas dinding keramik. 


Mushola Minimalis dengan Aksen Kayu

instagram/rumah_ne.na.za

Ruang paling belakang rumah bisa disulap jadi sebuah mushola minimalis. Arah solat atau kiblat dibuat lebih jelas dengan backdrop bilah kayu rapat. Agar nuansa reliji makin terasa, pemilik juga menambahkan kaligrafi kayu pada backdrop TV. Mushola ini juga memiliki rak terbuka untuk penyimpana  kitab suci, bacaan/nasihat agama dan alat solat pemilik rumah. 


Desain Mushola 2 x 2.5 M 

instagram/thekynan_zone

Area kosong di belakang rumah sangat apik dijadikan sebuah mushola. Mushola ini memiliki dimensi ruang 2 x 2.5 m2. Desain mushola terlihat unik dengan batu alam templek dengan permukaan halus yang mengelilinginya. Mushola juga didekorasi agar tampilannya terlihat lebih apik, seperti dekorasi kaligrafi dan tanaman kering. Pemilik pun menambahkan kursi kecil sebagai media solat untuk lansia di rumah. 


Mushola Belakang Rumah yang Nyaman

instagram/fit_ri1

Tak masalah mendesain mushola sederhana di belakang rumah. Gunakan lantai vinil atau keramik motif kayu untuk memberi kesan yang cozy. Area belakang ini menggunakan atap galvalum sebagai pelindung musola dari terik dan curah hujan. Bila dirasa area tersebut terlalu panas, Anda bisa memasang kipas angin dinding. Kipas angin akan mengusir hawa panas dan rasa gerah yang mungkin dirasa.  



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Ide Desain Mushola Di Area Belakang Rumah, Ibadah Lebih Nyaman Meski Di Rumah Saja sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English