7 Inspirasi Ruang Kosong yang Bisa Digunakan Untuk Bersantai Dirumah

 
Helloshabby.com  -- Apakah anda memiliki ruangan tersisa atau ruang kosong yang tidak digunakan? Jika iya, akan sangat disayangkan apabila anda biarkan kosong begitu saja. Padahal jika ruangan tersebut dimanfaatkan menjadi sebuah ruangan fungsional. Ruang kosong tidak harus berada di sudut ruangan atau di belakang rumah. Bahkan sebuah ruang bawah tangga dapat anda gunakan sebagai tempat santai yang dirumah yang menyenangkan.
Musim pandemi seperti ini memaksa anda untuk berada lebih sering di rumah, sehingga ruang santai akan membuat anda semakin betah berada di rumah. Untuk menambah referensi, Helloshabby.com sudah mengumpulkan 7 inspirasi ruang kosong yang bisa digunakan untuk bersantai dirumah dibawah ini khusus untuk anda!


1. Ruang santai di sudut belakang rumah

@titi_ashyara
 
Anda memiliki space tersisa dibelakang rumah? Jika iya, anda bisa mencontoh inspirasi ruang santai yang berada di halaman belakang. Ruang santai diatas dibuat menarik ala cafe lengkap dengan sebuah taman minimalis yang sejuk. Atmosfer sejuk semakin terasa berkat keberadaan tanaman hijau yang cukup banyak.
Sedangkan dibagian sudut, anda bisa menempatkan sebuah kursi simple dan coffee table untuk meletakkan berbagai camilan. yang akan menemani suasana santai sore hari anda bersama keluarga.

2. Ruang santai di sudut teras

@akmaalll

 Bagian sudut teras depan rumah jika diibiarkan kosong dan tidak dirancang dengan benar tentunya akan sangat mengganggu penampilan eksterior rumah. Nah anda bisa merancang sudut ruangan menjadi sebuah ruang santai yang nyaman. Sebuah kursi malas bisa anda letakkan di sudut teras, jangan lupa untuk melengkapi dengan cushion agar suasana teras semakin cozy.

Sedangkan berbagai tanaman terlihat berjajar rapi diatas rak kayu. Penggunaan rak tanaman akan membuat tampilan lebih terorganisir.

3. Inspirasi ruang santai dan taman di bawah tangga


@desaintamanrumah

Ruang kosong dibawah tangga seringkali dibiarkan kosong, dan pada akhirnya akan dipenuhi debu. Mulai saat ini anda bisa merancang sebuah taman cantik atau bahkan ruang santai yang menyenangkan. Mengusung konsep taman kering, anda bisa meletakkan berbagai koleksi tanaman anda secara berjajar untuk memperindah tampilan ruangan. Sedangkan space ruang tersisa didekatnya dapat anda gunakan sebagai tempat santai yang asyik.

Ruangan ini juga terlihat terang sepanjang hari berkat penggunaan atap trasparan, yang memungkinkan pencahayaan alami dapat masuk secara maksimal.

4. Ciptakan perpustakaan mini di sudut ruang kosong


@embun.house

 
Bagian sudut di dalam ruangan daripada dibiarkan tidak terpakai, anda bisa menciptakan sebuah perpustakaan atau sebuah ruang baca mini yang fungsional. Ukuran ruangan yang terbatas, dapat anda coba siasati dengan penggunaan konsep lesehan. Dengan begitu ruangan pun akan terasa lebih lega. 
Sedangkan sebuah rak fungsional, dapat anda gunakan untuk menyimpan berbagai koleksi buku. Desainnya yang sederhana, dapat dengan mudah untuk anda tiru dirumah. Area ini akan menjadi spot santai terfavorit untuk membaca buku.
 

5. Inspirasi ruang santai sederhana di depan rumah


@iyanatalia_anamariana

 
Ruangan terbuka dibagian depan rumah merupakan tempat terbaik untuk tempat bersantai atau sekedar menikmati sore hari atau pagi hari anda. Dengan sepasang kursi kayu, anda bisa menikmati keindahan view taman depan rumah.
Untuk merancang ruang santai seperti pada inspirasi diatas tidak membutuhkan ruangan luas. Bahkan anda bisa membuat di ruangan sempit hanya dengan ukuran 1x2 meter. Sangat mudah bukan?

6. Desain ruang santai dengan kombinasi vertikal garden


@mariatulip92

Ingin menghadirkan taman tapi terhalang dengan ukuran yang terbatas? Anda bisa menyiasatinya dengan penggunaan konsep taman vertikal yang hemat ruang. Untuk merancang taman vertikal anda hanya perlu membutuhkan dinding untuk menempatkan berbagai tanaman hias. 

Selain space saving, tampilan taman vertikal pun terlihat lebih menarik dan estetik. Nah anda dapat memadukan dengan kursi kayu untuk tampilan lebih natural.


 7. Ruang santai di balkon

@detikapatra

JIka biasanya ruang di balkon digunakan untuk menjemur pakaian, anda bisa merancangnya sebagai tempat santai yang fun. Ruang kosong di balkon memungkinkan anda bisa bersantai dan berkumpul bersama dengan teman atau keluarga yang lebih privasi. Tidak memerlukan banyak furnitur, anda hanya perlu meletakkan kursi dan berbagai tanaman  hias untuk memperindah tampilan.

Sebagai tempat bermain anak, anda bisa harus memastikan balkon dilengkapi dengan sebuah pagar dengan material dan tinggi yang aman.

Itulah 7 inspirasi ruang kosong yang bisa digunakan untuk bersantai dirumah yang bisa anda coba dirumah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Dan jangan lupa untuk dapatkan artikel menarik tentang rumah lainnya hanya di Helloshabby.com

Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Berbagai sumber





Categories in English