Renovasi Kamar Mandi (1,5 x 1,5 M) Modern Pake WC Jongkok


Helloshabby.com -- Kamar mandi adalah tempat yang pasti membuat kita segar kembali. Aktivitas bebersih diri dilakukan di tempat ini. Walau hanya dipakai sebentar, jangan sampai kamar mandi terlihat biasa saja. Ini bisa mengurangi rasa nyaman dan kesegaran saat kita berada di situ.

Tak  masalah bila Anda hanya memiliki kamar mandi mungil saja. Kamar mandi bisa direnovasi lebih baik, sehingga tampil modern walau masih menggunakan model WC jongkok. Yuk, intip ide dan detail renovasi kamar mandi kecil ini. Siapa tahu jadi referensi untuk mengupgrade kamar mandi di rumah.

Inilah Renovasi Kamar Mandi (1,5 x 1,5 M) Modern Pake WC Jongkok.


1. Dimulai dari pilihan konsep renovasi




Saat hendak melakukan renovasi, pertimbangkan matang bagian mana yang ingin diubah. Jika terjadi kebocoran saluran air, konsultasikan pada tukang agar sekaligus diperbaiki.



Anda bisa mengambil inspirasi kamar mandi ini. Berukuran 1,5 x 1,5 m, kamar mandi direnovasi total dengan mengubah kontruksi lantai dan dinding.  Lantai menggunakan model keramik bertekstur dengan pola cantik, yang anti licin dan meningkatkan tampilan ruang.



2. Mengganti Keramik Dinding


Kamar mandi kecil bisa tampak lebih besar dengan keramik dinding yang digunakan. Di sini, pemilik menggunakan model keramik dinding dengan susunan vertikal. Dinding ini akan memberi ilusi ruang yang tinggi dan lebih lapang. Pemilik setidaknya memerlukan 9 dus keramik dinding dengan total harga Rp 378.000,-


3. Pasang Shower yang Hemat Tempat


Kamar mandi dengan bak air permanen bisa menghabiskan ruang yang lebih kecil. Anda bisa menggunakan model shower yang hemat tempat. Shower juga akan menghemat penghematan air. Tetap miliki keran air di bawah shower untuk menyalurkan air ke ember kecil untuk WC jongkok.


4. Lantai Keramik yang Cantik


Karena ukuran yang kecil, biaya renovasi kamar mandi ini bisa tak memakan biaya yang terlalu besar. Keramik lantai kamar mandi ini menggunakan model lantai berpola dan bertekstur yang anti licin. Pemilik hanya membutuhkan setidaknya 3 dus keramik lantai dengan total Rp 189.000,-, cukup hemat bukan?

5. Beri Sentuhan Dekoratif


Jangan lupa beri sentuhan dekoratif. Anda bisa memasang rak ambalan untuk tempat sabun dan sampo.  Tambahkan aromaterapi agar kamar mandi selalu wangi. Tanaman hias artifisial juga akan memberi tampilan kamar mandi yang segar.


6. Detail Biaya Renovasi


Seperti inilah tampilan akhir renovasi kamar mandi. Beberapa furnitur yang digunakan adalah sebagai berikut;
  • keramik dinding 9 dus @ Rp 42.000,- (Rp. 378.000,-)
  • keramik lantai 3 dus @ Rp 63.000,- (Rp. 189.00,-)
  • kran tembok 2 buah @ Rp. 49.900,- (Rp. 99.800,-)
  • stop kran shower Rp 130.000,-
  • kran tanam Rp 119.000,-
  • drain floor Rp. 59.000,-
  • kapstok/gantungan baju Rp. 60.000,-
  • ambalan hitam Rp. 42.000,-
  • reed diffuser Rp 22.000,-
  • pipa tambahan untuk shower Rp 300.000,-
Sebagai catatan perkiraan biaya ini bisa berbeda tergantung tarif yang ditawarkan tukang dan harga keramik di masing-masing daerah.


Terimakasih telah menyimak artikel Renovasi Kamar Mandi (1,5 x 1,5 M) Modern Pake WC Jongkok sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : via instagram/ngedekorumah

Categories in English