Biar Ibadah Makin Khusyuk, Berikut 7 Inspirasi Mushola dalam Rumah Paling Diminati


Helloshabby.com -- Rumah yang baik adalah rumah yang mampu memenuhi kebutuhan pemiliknya, tak terkecuali kebutuhan akan sisi spiritual. Mendesain sebuah ruang khusus ibadah, musola misalnya bisa menjadi salah satu cara untuk menghadirkan rumah yang ideal. Ibadah seperti solat memang bisa dilakukan di kamar tidur, tapi memiliki musola tersendiri juga bisa membuat ibadah lebih nyaman, khusyuk dan syahdu. 

Nah bagi Anda yang sedang berniat membuat musola dalam rumah, yuk simak ulasan Biar Ibadah Makin Khusyuk, Berikut 7 Inspirasi Mushola dalam Rumah Paling Diminati. 



Mushola dengan Nuansa Monokrom Hangat 

cr:instagram/casa_kalandra


Musola dalam rumah juga harus diperhatikan tampilan visual dan kenyamanan di dalamnya. Sebaiknya warna interior ruangan dipilih dalam nuansa warna yang lebih adem dan menyejukkan. Hindari warna-warni yang terang dan panas, karena dapat memberikan kesan sumpek. Pilihan monokrom dengan dominasi putih dan abu-abu bisa digunakan untuk tampilan dinding. Sedangkan untuk flooring menggunakan lantai vinyl agar ruangan terasa lebih hangat. 

 

Musola Minimalis dengan Nuansa Ungu 

cr:instagram/evilia_rosanti

Ukuran musola minimalis bisa dibuat dengan luas 1 x 2 Meter. Musola ini mengkombinasikan warna ungu dan putih yang indah. Model rak berbentuk tangga bambu dipilih sekaligus untuk menggantung peralatan solat. Rak tempat Alquran dan buku-buku Islami lainnya bisa diletakkan dalam rak yang mudah dijangkau. Tanaman hias juga diletakkan untuk memberikan atmosfir segar pada musola minimalis ini. 



Musola Minimalis untuk Ibadah Seluruh Anggota Keluarga 

cr:instagram/kprsyariah.info

Desain musola dalam rumah juga bisa dibuat lebih luas dan lapang, setidaknya mampu menampung satu keluarga kecil di dalamnya. Dengan ukuran 4 x 2 Meter, ibadah solat bisa dilakukan berjamaah di musola ini. Tambahan kaligrafi dipajang di dinding untuk menambah ke-syahdu-an saat beribadah. Tak lupa ditambahkan kipas angin untuk memberikan kenyamanan saat beribadah. Anda juga bisa menghadirkan pengharum supaya ruangan musola selalu harum setiap saat. 



Musola dalam Rumah dengan Aksen Keemasan 

cr:instagram/rinaros2110

Kita bisa menghadirkan kesan musola yang elegan layaknya masjid-masjid besar di luar. Tinggal tambahkan saja, aksen keemasan pada backdrop musola. Pilih juga kaligrafi dalam warna yang senada agar tampilannya terlihat harmonis. Desain musola ini juga tampil lebih semarak indah tapi tidak berlebihan, berkat pemasangan wallpaper pola damask berwarna krem di atas. 


Musola Ekslusif di dalam Rumah 

cr:instagram/ikafristi

Musola dalam rumah juga bisa diibaratkan 'oasis di padang pasir'. Musola bisa dilakukan ruang healing self untuk menyejukkan kembali hati yang sedang gundah gulana. Untuk itu, desain musola bisa dibuat semaksimal mungkin supaya ibadah makin khusyuk. Seperti musola di atas. Desainnya menjorok ke dalam tampil lebih ekslusif dengan permainan motif ornamen khas Islami

Tambahkan juga karpet yang nyaman dan empuk, supaya sujud jadi lebih khusyuk. Dekorasi tanaman hijau diletakkan untuk memberikan atmosfir kesegaran yang nyata. 


Desain Musola dengan Nuansa Biru yang Apik 

cr:instagram/ribrahmantyo

Pencahayaan di musola juga harus diperhatikan dengan matang. Kombinasi warna biru dan putih sangat pas untuk memberi kesan musola yang terlihat cerah dan menyegarkan. Tak hanya itu, musola ini juga dipasangi jendela yang dapat menyalurkan cahaya matahari dan udara segar di dalam musola. 


Mushola dan Tempat Wudhu yang Segar

cr:instagram/hauzz_of_dyla

Anda bisa mendesain mushola di area rumah yang tidak terlalu bising, misalnya di area dekat taman belakang. Musola ini dilengkapi platform vinyl khusus dengan ketinggian sekitar 10cm untuk menghadirkan nuansa langgar jaman dulu. Tempat wudhu diletakkan di dekat musola agar lebih efektif.  Desainnya dibuat terbuka agar supaya suasana jadi lebih relaks. 


Terimakasih telah menyimak artikel Biar Ibadah Makin Khusyuk, Berikut 7 Inspirasi Mushola dalam Rumah Paling Diminati  sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga :

6 Ide Desain Mushola Rumah Ukuran 2x1 M, Lengkap dengan Penataan Alat Sholat

 Helloshabby.com -- Sebuah rumah ideal adalah rumah yang mampu memenuhi segala kebutuhan dan merupakan tempat ternyaman bagi penghuninya. Keberadaan mushola di dalam rumah memiliki fungi yang sangat vital. Beberapa orang memiliki membuat mushola didalam rumah agar ibadah berjalan lebih khusyu'.Nah,...


Berikan Suasana yang Berbeda, 6 Desain Mushola Rumah Dekat Taman Bikin Asri

Berikan Suasana yang Berbeda, 6 Desain Mushola Rumah Dekat Taman Bikin AsriHelloshabby.com -- Ibadah sholat bagi orang muslim merupakan kewajiban yang harus di jalankan pada setiap 5 waktu. Melakukannya pun juga butuh ketenangan agar ibadah yang dilakukan maksimal. Apalagi di masa pandemi saat ini yang...



Desain Rumah Modern 7 x 10 M, dengan 2 Kamar Tidur dan Mushola. Pas untuk Pasangan Baru!

Helloshabby.com -- Sedang mencari inspirasi rumah modern dengan konsep minimalis? Desain rumah kali ini bisa menjadi referensi Anda. Rumah ini  terbilang cocok untuk keluarga baru. Meskipun minimalis, rumah ini tetap menghadirkan ruang-ruang nyaan untuk seluruh anggota keluarga. Desain ruang tamu...


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English