Inspirasi Ukuran Ideal Kitchen Set untuk Mempermudah Para Bunda!


Helloshabby.com -- Dapur sudah terkenal sebagai jantungnya rumah. Dapur adalah tempat menyiapkan makanan untuk memenuhi kebutuhan penghuninya. Sebegitu penting keberadaan dapur, untuk itu desain dapur rumah tak boleh sembarang atau sekadar ada saja. Dapur harus dibuat dengan ukuran dan posisi yang tepat, supaya  mempermudah segala aktivitas di dapur.  Duh, jangan sampai deh ukuran dan posisi kitchen set yang tidak tepat justru menimbulkan ketidak-nyamanan, seperti masalah nyeri sendi dan sebagainya. 

Untuk itu, coba simak ulasan Inspirasi Ukuran Ideal Kitchen Set untuk Mempermudah Para Bunda! Ukuran ini sudah disesuaikan dengan tinggi rata-rata orang Indonesia, jadi bisa diaplikasikan pada dapur rumah Anda. Selamat membaca. 


Ukuran Kitchen Set Ideal yang Aman dan Nyaman



cr:instagram/inspirasirumahmodernid

Ternyata memilih kitchen set ada rumusannya lho! Misalnya, untuk ukuran tinggi meja dapur. Tinggi rata-rata orang Indonesia sekitar 160 cm, tinggi ini kemudian dibagi 2 dan ditambah 5cm, sehingga didapatkan tinggi meja dapur ideal yang aman dan nyaman. Rumus ukuran di atas bisa disesuaikan dengan tinggi masing-masing. 

Dengan tinggi 160cm, meja dapur yang terlalu pendek dapat menyebabkan masalah seperti nyeri pinggul, sedangkan tinggi meja dapur yang terlalu tinggi bisa membuat lengan mudah merasa pegal. Nah, tinggi yang nyaman ada di angka 85 cm atau sekitar area  pinggul Anda. 


Desain Ukuran Kitchen Set Dapur Cor

cr:instagram/efri_jayantu

Bila dapur masih menggunakan kompor gas konvensional, ada baiknya tempat untuk menaruh kompor dibuat landai seperti pada gambar di atas. Bukan hanya supaya tampilannya terlihat seimbang, ini dimaksudkan agar didapatkan ketinggian ideal sehingga proses memasak jadi lebih nyaman. 


Ukuran Lebar Meja dan Sink Dapur Minimalis

cr:instagram/itawulandarie

Meski memiliki dapur minimalis sebaris, selalu pastikan ukuran lebar meja kitchen set cukup untuk menunjang aktivitas memasak Anda. Lebar meja kitchen set disarankan menggunakan ukuran 50-70 cm. Sedangkan, ukuran sink menggunakan ukuran 80-90cm. Lebar meja dan sink yang pas akan memudahkan proses mengolah,  memasak sampai mencuci di area dapur minimalis Anda.  




Jarak Ideal Kabinet Atas dan Meja Dapur 

cr:instagram/rumah_stia

Memasang kabinet atas juga perlu perhitungan yang tepat. Jarak ideal antara meja dapur dan kabinet atas disarankan sekitar 50-70cm. Jarak yang pas akan memudahkan Anda saat melakukan pengambilan barang dari kabinet atas. Pastikan kabinet atas terpasang menyesuaikan tinggi badan Anda, supaya kepala tidak terbentur saat memasak di dapur. 



Ukuran Cooker Hood yang Ideal

cr:instagram/dirumahmeera

Saat ini banyak desain dapur yang dilengkapii dengan cooker hood penghilang asap. Disarankan untuk membuat jarak yang tepat antara cooker hood dan kabinet atas. Jarak yang ideal antara 60-80cm, jarak ini cukup aman saat meraih peralatan kabinet dan tidak mengganggu kegiatan memasak. 


Ukuran Ideal Kitchen Set Layout L

cr:instagram/tuti_toali

Dapur bentuk L sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki dapur yang luas. Kitchen set disarankan memiliki lebar 60cm, panjang 30 cm dengan tinggi 80-85 cm. Sedangkan kabinet atas ada baiknya berukuran lebar 30cm, panjang 300cm dan tinggi 100 cm. Dengan ukuran yang ideal pastinya akan mempermudah Anda beraktivitas di dapur. 



Demikian ulasan inspirasi ukuran ideal kitchen set untuk mempermudah para Bunda. Ukuran ini hanya sebagai patokan saja. Bunda bisa memodifikasi ukuran dapur sesuai dengan kebutuhan dan postur tubuh masing-masing. Dengan begitu, berlama-lama di dapur tetap nyaman dan tidak mudah lelah. Jika tidak begitu paham soal layout dapur, ada baiknya menghubungi jasa arsitek yang berpengalaman. 

Baca Juga : 

Inspirasi Kitchen Set Minimalis Dapur Kecil

Helloshabby.com -- Dapur tak akan lengkap tanpa adanya kitchen set. Kitchen set sendiri merupakan istilah untuk menyebutkan perangkat dapur berbentuk meja dan kabinet penyimpanan perlengkapan dapur. Desain kitchen set dibuat dengan menyesuaikan luas dapur dan selera pemilik rumah. Untuk...



6 Gambar Model Kitchen Set Minimalis Warna Biru Terbaru

Helloshabby.com -- Memiliki dapur yang nyaman dan memiliki penampilan yang menawan merupakan impian bagi setiap bunda. Pemilihan konsep warna pada dapur merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan. Nah bagi anda yang memiliki desain dapur minimalis cenderung mengaplikasikan warna-warna netral.Nah...



6 Model Kitchen Set Minimalis Dapur Kecil Sederhana Namun Modern 2021

  Helloshabby.com -- Memiliki dapur dengan desain yang cantik dan juga nyaman merupakan idaman para bunda bukan? Pemilihan interior dan furnitur di dapur juga memberikan peran yang besar untuk membuat dapur anda tampil cantik dan juga nyaman tentunya.  Dekorasi dapur yang paling terlihat...


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English