Tips dan Trik Menata Rumah Ukuran 60 M2 yang Simpel, Nyaman dan Nggak Bikin Kantong Kosong!


Helloshabby.com -- Berapa pun ukurannya memiliki hunian sendiri merupakan sebuah anugerah tersendiri. Tapi tentu saja untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan sehat harus ditunjang dari desain penataan dan dekorasi yang tepat. Dekorasi yang tepat tak selalu harus memakan budget yang besar. Bahkan dengan hal-hal sederhana yang ditata dengan rapi, pastinya akan membuat rumah mungil sekalipun terlihat menarik, terasa nyaman dan pastinya bikin betah. 

Nah kali ini kami menghadirkan ulasan Tips dan Trik Menata Rumah Ukuran 60 M2 yang Simpel, Nyaman dan Nggak Bikin Kantong Kosong! Rumah mungil ini ditata apik oleh pemiliknya (@amalyahode), sehingga rumah tampak luas, segar dan nyaman. 


Tips Desain Fasad Rumah Ukuran 60 M2


Untuk menghemat biaya pembangunan, desain fasad bisa dibuat dengan model yang sederhana. Supaya lebih modern, desain dinding eksterior memadukan cat abu-abu dan variasi woodplank coklat yang apik. Kombinasi coklat memberikan kontras yang menawan untuk fasad rumah ini. Agar aman dan nyaman, ditambahkan juga pagar besi hollow dan kanopi transparan. 



1. Pakai Tanaman dan Batu Kerikil untuk Taman Teras Minimalis


Teras yang mungil juga bisa diubah jadi taman teras segar yang cantik. Tak perlu susah-susah, Anda tinggal menyiapkan batuan koral putih untuk dihamparkan di space taman yang disediakan. Jika tanaman Monstera dirasa cukup mahal, Anda juga bisa kok meletakkan tanaman yang terjangkau harganya, misalnya tanaman bunga Anthurium, Sansviera (lidah mertua), dan kaktus. Tata dengan rapi, supaya taman teras mungil kita tampak indah di pandang mata. 

 

2. Terapkan Konsep Open-plan untuk Ruang yang Lebih Lapang


Masuk ke dalam rumah, Anda akan disambut satu ruang memanjang dengan empat fungsi yang berbeda. Ada ruang tamu, ruang makan, ruang kerja dan dapur. Model penataan rumah ini juga dikenal dengan istilah rumah tanpa sekat (konsep open-plan). Setiap ruang ditata secara minimalis, agar tidak terkesan sumpek dan penuh barang.  Desain ruang kerja dan ruang makan dibuat merapat ke tembok supaya dapat memberikan akses berjalan.



3. Satu Ruang dengan Dua Fungsi


Desain ruang tamu juga dipakai sebagai ruang TV. Penataan ini pastinya lebih efisien dan menghemat tempat. Biar tambah semarak, tanaman hias diletakkan di sisi-sisi TV bahkan di atas rak ambalan. Pastikan saja rak ambalan yang dipasang cukup kokoh sehingga tanaman tidak akan jatuh ke bawah. Meski sederhana, tapi adanya tirai yang tinggi, plafon drop ceiling dan lampu gantung hias menambahkan kesan ruangan yang tampil elegan. 



4. Dekorasi Dapur Murah tapi Nggak Murahan


Dapur pada hunian ini dibuat dengan model terbuka. Di sebelahnya terdapat taman mungil dengan atap transparan, sehingga dapur ikut terlihat terang. Dapur bisa ditata dengan bentuk L sesuai dengan space yang tersedia. Jika dapur dengan model cor, pasang tirai kolong dapur untuk membuat ruangan tetap terlihat rapi. Dekorasi dapur dengan tanaman hias murah, seperti lidah mertua, sirih gading atau monstera agar atmosfir dapur terasa sejuk dan segar. 



5. Manfaatkan Dinding Kamar sebagai Penyimpanan 


Manfaatkan dinding untuk tambahan penyimpanan di kamar tidur. Anda bisa membuat rak ambalan untuk meletakkan buku, tanaman hias dan bingkai hias lainnya. Bila tempat tidur diletakkan di tengah ruangan, pasang rak ambalan di sisi kanan dan kiri. Dengan begitu, kamar tidur mungil ini akan terlihat lebih presisi/seimbang. 


6. Lampu Hidden untuk Temani Tidur 


Bila Anda tak bisa tidur dalam kondisi gelap gulita, memasang lampu hidden di belakang ranjang bisa dijadikan opsi menarik. Lampu ini menghasilkan nyala temaram yang cocok menemani tidur Anda. Hidden lamp (lampu tersembunyi) ini juga memberikan efek dramatis pada kamar tidur mungil di atas. Tenang saja, hidden lamp bisa dibeli dari kisaran harga Rp 30.000,- ke atas. Cukup terjangkau, kan?


Terimakasih telah menyimak artikel Tips dan Trik Menata Rumah Ukuran 60 M2 yang Simpel, Nyaman dan Nggak Bikin Kantong Kosong! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga :

Cara Membuat Dekorasi Ruang Tamu Shabby Chic dan Cantik Di Rumah Mungil

Helloshabby.com Kesuksesan menciptakan dekorasi ruang tamu memang harus dengan perjuangan, dari perlengkapan dekorasi yang pas hingga penempatannya. Dekorasi ruang tamu atau living room dengan tema shabby chic harus bisa memilih warna - warna yang sesuai baik yang pas dengan tema shabby maupun...




6 Dekorasi Rumah Kecil Sederhana yang Nggak Murahan

Helloshabby.com -- Rumah yang bagus tidak sama dengan rumah berukuran besar dan dilengkapi interior mewah. Harga lahan yang semakin mahal membuat rumah kecil atau biasa disebut rumah minimialis menjadi sebuah tren di masa kini. Rumah minimalis pun dapat dikatakan sebagai 'rumah yang bagus' dengan kreatifitas...



6 Gambar Contoh Dekorasi Tanaman Disetiap Sudut Rumah Cantik

Helloshabby.com -- Memiliki rumah dengan suasana asri tentunya merupakan impian bagi semua orang. Menghadirkan unsur tropical pada suatu hunian bisa menjadikan hunian terasa lebih segar dan juga asri. Untuk pemilhan jenis tanaman, disarankan anda mengaplikasikan tanaman indoor agar tidak tidak terlalu...


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : instagram/amalyahode


Categories in English