7 Inspirasi Vertical Garden, Solusi Taman untuk Keterbatasan Lahan


Helloshabby.com -- Di tengah sulitnya mendapatkan lahan terbuka untuk sebuah taman rumah, taman vertikal (vertical garden) hadir sebagai solusi atas terbatasnya lahan. Taman vertikal biasa disebut dengan dinding hijau adalah sebuah ide taman yang memanfaatkan dinding atau ruang vertikal untuk ditutupi dengan tanaman hijau. 

Taman vertikal juga hadir untuk mengatasi kendala hunian yang memiliki lahan terbuka sempit. Selain itu, taman vertikal pun juga bisa menjadi elemen pelengkap taman hijau biasa, supaya taman tampak lebih semarak hijau. Bila Anda tertarik dengan ide ini, simak 7 Inspirasi Vertical Garden, Solusi Taman untuk Keterbatasan Lahan.


Vertical Garden untuk Balkon Minimalis

cr:instagram/anggra.raywhite

Bila kehabisan lahan terbuka untuk sebuah taman, manfaatkan saja area balkon sebagai taman minimalis. Dinding balkon bisa diisi dengan sebuah vertical garden. List kayu digunakan sebagai media untuk menempelkan tanaman pada dinding balkon. Jenis tanaman yang dipilih bisa menggunakan tanaman rambat, seperti sirih gading. Dedauan yang rimbun dan merambat ini akan menyemarakkan tampilan vertical garden balkon. 



Vertical Garden sebagai Pelengkap Taman Minimalis 

cr:instagram/lie_luisa

Perhatikan taman samping di atas! Rasanya ada yang kurang apabila tak dilengkapi vertical garden. Oleh karenanya, vertical garden bisa ditambahkan pada dinding taman supaya taman tidak terlihat kosong. Tanaman dalam media pot  dipasang kuat pada dinding roster dan dinding batu ekspos di taman. Taman pun jadi makin terlihat asri.   



Vertical Garden sebagai Solusi Memajang Tanaman Kecil 

tutberryqueen

Tentu kita ingin taman impian kita terlihat rindang dengan beragam tanaman. Tak masalah bila memiliki lahan yang terbatas. Sekecil apa pun taman bisa tetap dihadirkan. Bila Anda kesulitan menata tanaman berukuran kecil di taman, maka vertical garden adalah solusinya. Anda tinggal menyiapkan rak wire mash dan pot-pot untuk meletakkan tunas atau tanaman berukuran kecil. Dengan begitu, taman akan tetap terlihat dinamis dengan beragam tanaman yang terpajang rapi.  



Vertical Garden dengan Kolam Air Terjun Minimalis 

cr:instagram/liefenlotjoe

Sisa halaman samping bisa diubah jadi sebuah taman yang segar. Anda bisa mendesain taman dengan kolam air terjun minimalis seperti di atas. Hulu kolam bisa dibuat berundak layaknya undakan pada air terjun alami. Dinding taman yang kosong bisa dipercantik dengan membuat sebuah vertical garden

Meski terlihat ramai, pembuatan taman vertikal di atas tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memasang media taman vertikal siap pakai, untuk selanjutnya dipasang kuat pada dinding dan diisi dengan beragam tanaman. 


Vertical Garden Cantik di Rooftop 

cr:instagram/kakak_berkebun

Taman vertikal ini dibuat mengikuti bentuk dinding rooftop (atap), sehingga terlihat sangat cantik. Pemilihan warna daun pun dipertimbangkan dengan matang. Vertical garden ini terlihat memiliki gradasi warna tanaman dari hijau pekat menuju hijau pudar. Alhasil taman vertikal selain segar juga terlihat super estetik. 



Vercal Garden yang Mudah Dicoba 

cr:instagram/amy_fitria

Untuk Anda yang masih ingin coba-coba, inspirasi vertical garden di atas bisa dicoba di rumah. Mudah saja, Anda tinggal menyiadakan media tanam dan tanaman untuk selanjutnya direkatkan dengan kuat di dinding taman. Beragam tanaman bisa ditata dengan model sejajar zig-zag supaya taman terlihat lebih dinamis.  



Vertical Garden yang Super Praktis 

cr:instagram/ittingtong

Bila ingin memiliki taman vertikal yang praktis dan cantik, Anda bisa memilih opsi taman vertikal artifisial. Taman ini dibuat dari material sintetis yang dibentuk menyerupai taman vertikal pada umumnya. Anda tak perlu merawat tanaman di dalamnya, cukup dibersihkan saja dari debu yang menempel. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Inspirasi Vertical Garden, Solusi Taman untuk Keterbatasan Lahan sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Baca juga :

6 Interesting Spilled Pot Ideas

Helloshabby.com -- Running out of ideas to beautify your garden? Why not try the idea of spilled pot? This idea is easy and inexpensive enough to apply even to your small garden. You can use used pots and even broken pots to make an interesting spilled pot. Spilled pot ideas are fun and unique, impressed...

6 Gorgeous Outdoor Seating Ideas For Your Home

 Helloshabby.com -- The courtyard of the house is great place to enjoy nature and fresh air. In the yard, there is also extra space to enjoy a quite personal time or with other family member. That's why, the existence of the seat in the yard becomes important in order to make comfortable outdoor...

14 Easy and Adaptable Green Ideas for The Home

Helloshabby.com -- A house with shades of green becomes a home design that never make us boring to talk about. Green color is close to the nature vibe, so it can make the house feel so fresh and natural. Moreover, combined with appropriate and stylish home decor, a home in green color will feel and...


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English