Inspirasi Penataan Rumah Tanpa Sekat jadi Apik dan Cantik, tanpa Boros Duit!


Helloshabby.com -- Interior rumah tanpa sekat dapat membuat hunian mungil jadi terasa lebih luas dan lapang. Selain itu, interior rumah tanpa sekat juga menawarkan kepraktisan pada penghuninya. Penghuni bisa lebih mudah menjangkau ruang yang ingin dituju tanpa banyak pintu atau pembatas permanen. 

Umumnya, interior rumah tanpa sekat memanfaatkan satu ruang besar untuk beragam fungsi. Meski begitu, menata interior rumah tanpa sekat juga susah-susah gampang. Luasnya ruangan bisa membuat kita kalap meletakkan banyak barang di dalamnya, akibatnya ruangan jadi terlihat penuh dan sesak. Nah untuk meminimalisir kesalahaan penataan interior, coba simak inspirasi berikut ini: Inspirasi Penataan Rumah Tanpa Sekat jadi Apik dan Cantik, tanpa Boros Duit!



Ruang Tamu dengan Nuansa Vintage yang Lapang 


Rumah tanpa sekat ini menyatukan ruang tamu, ruang keluarga dan dapur di area yang sama. Meski begitu, setiap ruang ditata dengan gaya yang 'berbeda' tapi tetap terlihat satu kesatuan. Misalnya pada ruang tamu di atas. Sofa ruang tamu dipilih dengan model vintage dengan kaki-kaki kayu. Sofa juga dipilih dalam desain minimalis, sehingga ruangan tetap terlihat lapang.

Agar lebih hemat tak banyak dekorasi dan furnitur yang diletakkan. Cukup beberapa tanaman hias yang diletakkan di dekat pintu, di atas meja dan di rak sudut. Sebagai pemanis, daun pintu, tirai jendela dan rak sudut memiliki warna biru pastel. Selain terasa lapang, ruang tamu juga tetap terlihat menarik. 


Penataan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Tanpa Sekat


Banyak orang mendesain ruang tamu dan ruang keluarga secara berdekatan. Penataan ini tentu tak jadi soal, justru akan lebih menghemat tempat. Tapi penataan yang kurang tepat bisa membuat ruangan terasa sumpek. Anda bisa menyiasatinya dengan membuat punggung sofa sebagai partisi antara space ruang tamu dan ruang keluarga. Dengan begitu, ruangan tetap terlihat terpisah tanpa membuatnya terasa sumpek. 

Desain ruang keluarga bisa dibuat berbeda dengan ruang tamu. Ini untuk memberikan kesan yang tidak monoton di dalam ruangan. Anda bisa memilih furnitur dalam balutan warna cokelat pekat. Agar tampak senada, hamparkan karpet minimalis berwarna biru di tengah ruang keluarga. Warna biru ini akan menjadi penyambung suasana di antara dua ruangan tersebut. 


Dapur dan Ruang Makan yang Jadi Satu 


Setelah menjumpai ruang tamu dan ruang keluarga, Anda bisa mendesain dapur dan ruang makan di area yang sama. Area dapur dan area sebelumnya dibatasi oleh kulkas biru juga keramik hitam di lantai. Adanya tanda batas ini akan memudahkan Anda saat memperkirakan desain dan dekorasi ruangan. Sehingga, setiap ruangan tertata pas dan seimbang. 

Model kitchen set sebaris bisa dipilih supaya tidak boros pengeluaran. Perabot dapur ditata rapi dalam kabinet, gantungan, dan beberapa rak kayu. Set meja makan diletakkan di tengah dapur untuk mengisi ruang tengah yang kosong. Penataan ini selain hemat tempat juga efektif saat harus menyajikan makanan. 


Penataan Kamar Tidur Cantik dan Hemat Budget 


Kamar tidur dengan jendela yang langsung menghadap taman adalah kesenangan tersendiri. Biarkan cahaya dan udara segar masuk ke dalam kamar. Untuk itu, pastikan Anda tidak menaruh furnitur kamar tepat di bawah jendela, karena dapat menghalangi cahaya matahari. Meski terlihat simpel, Anda bisa memilih bed cover dengan warna biru dan abu-abu bermotif plaid. Bed cover ini akan membuat kamar jadi makin cantik. 


Penataan Kamar Anak: Keren dan Fungsional 


Kamar tidur anak bisa ditata dengan apik dan keren. Dinding kamar bisa didekorasi dengan stiker karakter motif hitam putih. Begitu pun pada pemilihan bed cover dipilih dalam warna senada. Di samping kasur, letakkan meja belajar minimalis supaya anak bisa lebih giat belajar di kamarnya. 


Penataan Ruang Laundry Bergaya Vintage


Apakah dinding luar rumah terlihat usang? Anda tak perlu repot mengubah atau mengecat ulang. Dinding tersebut bisa dijadikan elemen untuk membuat ruang cuci jemur bergaya vintage. Di dinding bisa dipasang stiker atau papan dengan gaya serupa supaya kesan 'usang' makin terlihat estetik. Pilih model alat jemur lipat yang menempel di dinding, ini untuk menghemat tempat dan membuat jemuran tampak lebih praktis. 


Penataan Dekorasi Interior Rumah Tanpa Sekat


Bila masih terdapat space kosong, tempat itu bisa dimanfaatkan untuk meletakkan dekorasi. Anda bisa memilih kabinet mungil untuk memajang beberapa dekorasi, seperti grafis estetik dan beberapa karya seni lainnya. Di sisi-sisi meja diletakkan pula tanaman hias. Pilih saja jenis tanaman yang tidak mahal harganya, seperti sirih gading dan sansviera. Dinding polos bisa dihias dengan kaligrafi unik. Kaligrafi ini akan memberikan nuansa adem dan menenangkan pada ruangan Anda. 



Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Penataan Rumah Tanpa Sekat jadi Apik dan Cantik, tanpa Boros Duit! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Baca juga :

7 Inspirasi Penataan Rumah Mungil Tanpa Sekat. Tetap Nyaman Meski Terbatasnya Luas Bangunan

Helloshabby.com -- Memasuki rumah yang terkesan sempit dan berantakan bisa jadi membuat kita yang lelah jadi semakin moody. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa mengganti penataan rumah dengan model open plan.Model hunian open plan biasa disebut sebagai rumah tanpa sekat. Desain hunian ini menghilangkan...

Inspirasi Ruang Keluarga Open Space untuk Rumah Mungilmu, Kumpul Keluarga Jadi Lebih Seru!

Helloshabby.com -- Konsep rumah tanpa sekat agaknya mulai digemari oleh beberapa orang. Bukan hanya menawarkan kepraktisan, rumah tanpa sekat atau biasa disebut open space/open floor juga menjadi solusi bagi kita-kita yang memiliki lahan ruangan yang terbatas. Ruangan di dalam rumah akan terlihat...

Mulai dari Ruang Tamu Sampai Kamar Mandi, Ini Inspirasi Penataannya Rumah Minimalis

Helloshabby.com - Saat ini gaya minimalis memang sedang menjadi pilihan, tak semata - mata karena budget yang terbatas gaya minimalis di pilih karena konsepnya yang simpel, bersih dan terlihat lebih rapi. Nah untuk anda yang berencana membangun rumah dengan konsep minimalis berikut Helloshabby.com...


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : instagram/rheeananda


Categories in English