9 Cara Mudah Menciptakan Rumah Sehat untuk Keluarga


Helloshabby.com -- Tulisan ini dibuat saat pandemi berlangsung. Situasi saat ini banyak mengharuskan kita untuk lebih banyak berada di rumah. Work from home. School from home sampai isolasi mandiri di rumah. Maka, tak salah bila Anda menghadirkan rumah bukan hanya nyaman, tapi juga lebih sehat untuk keluarga. 

Rumah sehat adalah hunian yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan mental penghuninya. Setiap orang tentu ingin memiliki hunian keluarga yang sehat dan nyaman. Tapi, bagaimana cara mewujudkan hunian agar masuk kategori rumah sehat? Simak jawabannya dalam 9 Cara Mudah Menciptakan Rumah Sehat untuk Keluarga. 



1. Berikan Akses Cahaya Alami dan Sirkulasi Udara Memadai

cr:instagram/rumahpiosagi

Dari segi struktur bangunan, pastikan rumah Anda memiliki bukaan dan akses udara yang memadai. Jendela dan ventilasi udara ada baiknya dipasang di setiap ruang. Keduanya sangat baik untuk meneruskan cahaya matahari dan udara yang lebih segar ke dalam rumah. Dengan begitu, rumah akan terasa lebih kering dan sejuk, terhindar dari pertumbuhan jamur. 

Bila tak memungkinkan memasang banyak jendela di setiap ruang. Anda pun bisa memasang jendela kaca mati tepat di atas pintu utama. Jendela mati ini cukup baik untuk meneruskan cahaya alami yang menerangi ruang tamu dan membuat rumah lebih sehat. 


Perbanyak Tanaman Hijau Di Setiap Ruang

cr:instagram/lessismore.living

Kamar tidur menjadi ruang yang 'mungkin' paling sering dikunjungi. Apalagi, bila penghuni yang harus isolasi mandiri. Letakkan juga tanaman hijau di dalam kamar. Beberapa tanaman terbukti mampu menyerap racun kimia dan bakteri udara. Tanaman hijau juga ampuh untuk menciptakan udara yang lebih bersih.  


Desain Kamar Tidur Tanpa Jendela yang Tetap Sehat

cr:instagram/homamemoo

Sebagian dari kita mungkin memiliki kamar tidur tanpa jendela. Meski begitu, kamar tidur bisa dibuat lebih sehat dan nyaman. Pastikan saja, kamar tidur tertata rapi. Hindari menggantung banyak pakaian atau barang-barang tak terpakai di dalam kamar. Terlalu banyak pakaian menggantung bisa membuat nyamuk hinggap di dalam kamar. Percantik juga kamar tidur dengan pilihan seprai favorit dan dekorasi minimalis yang cukup menarik. 


Sediakan Taman Teras Terbuka untuk Berjemur Diri 

cr:instagram/julinajp

Aktivitas berjemur jadi alternatif menjaga kesehatan yang sangat disarankan. Berjemur diri pun bisa dilakukan di dalam rumah. Anda bisa mendesain taman teras minimalis yang terang dan cukup banyak sinar matahari. Hijaukan taman dengan meletakkan tanaman hijau dalam rak-rak susun, digantung atau langsung ditanam di lahan taman. 


Alternatif Taman Indoor untuk Berolahraga Di Rumah

cr:instagram/aldianty1717

Bila teras terlalu kecil untuk dijadikan tempat berjemur atau bersantai, Anda bisa membuat taman kering sebagai tempat berjemur atau berolahraga. Atap ruangan bisa menggunakan atap kaca transparan (skylight) yang bisa meneruskan cahaya alami ke bawah ruangan. Anda pun bisa berjemur meski di dalam rumah. 


Dekorasi Positif untuk Pikiran yang Lebih Positif 

cr:instagram/indah_ps3

Interior pasti akan sedikit didekorasi, bukan? Nah pastikan Anda memilih dekorasi ruang yang lebih bermakna dan membuat pikiran jadi lebih positif. Misalnya, ruangan di atas. Kaligrafi dengan lampu LED strips dipasang di dalam ruangan. Di bawahnya, turut diletakkan kata-kata motivasi supaya aura ruangan jadi lebih positif. Dengan begitu, pikiran jadi lebih tenang dan siap menghadapi hari-hari di rumah. 


Pastikan Sanitasi Rumah dalam Keadaan Bersih 

cr:instagram/desainkamarmandiminimalis

Sanitasi juga menjadi hal yang sangat menunjang kesehatan pemilik rumah. Pastikan selalu sanitasi di rumah, baik kamar mandi dan saluran pembuangan dalam keadaan lancar. Kamar mandi bisa dibuat dalam dua model, kering dan basah. Area basah khusus untuk shower atau bak mandi. Sedang area kering untuk toilet duduk dan wastafel. Dengan begitu, lantai kamar mandi tidak becek dan licin.



Terimakasih telah menyimak artikel 9 Cara Mudah Menciptakan Rumah Sehat untuk Keluarga sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Baca juga :

Inspirasi Rumah Tumbuh ala Industrial yang Layak Dicoba: Asik dan Hemat Budget!

Helloshabby.com -- Pernahkah Anda mendengar istilah rumah tumbuh? Rumah tumbuh adalah hunian yang dibangun secara bertahap. Makna pembangunan bisa merujuk pada perluasan lahan, penambahan ruang atau pun dari segi interior rumah. Rumah tumbuh biasanya diaplikasikan karena keterbatasan lahan dan minimnya...

Inspirasi Rumah Minimalis 2 Lantai Ukuran 3,5x8 M dengan Interior yang Mewah

 Helloshabby.com -- Memiliki rumah sendiri menjadi keinginan  bagi setiap orang. Karena rumah merupakan sumber kebahagiaan dan juga merupakan tempat ternyaman untuk anda tempati bersama keluarga tercinta. Konsep rumah dengan konsep minimalis mulai banyak digemari dikalangan masyarakat. Seiring...

7 Inspirasi Menata Ruang Terlihat Luas dengan Minim Bugdet

Helloshabby.com -  Banyak cara yang dapat anda lakukan ketika ingin menyiasatai rumah mungil anda agar terlihat luas dimulai dari penataan interior, furniture yang digunakan hingga cat interior yang dipilih. Karena mendekorasi ruang yang sempit agar terlihat lebih luas ternyata agak sedikit tricky.Mendesain...


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English