7 Desain Dapur Bawah Tangga Minimalis, Solusi Optimalkan Ruang


Helloshabby.com -- Manfaatkan area kosong di bawah tangga jadi sebuah ruang fungsional. Anda bisa membuatnya jadi sebuah dapur bawah tangga minimalis. Meski ukurannya tidak bisa seluas mungkin, namun dapur bawah tangga tetap bisa jadi ruang memasak yang asik dan nyaman. Anda hanya perlu mendesainnya sebaik mungkin, sehingga dapur bawah tangga tidak terlihat kaku dan menyempil di antara interior rumah. 

Bila Anda sedang mencari inspirasi dapur bawah tangga yang nyaman dengan penataan minimalis, simak ulasan 7 Desain Dapur Bawah Tangga Minimalis, Solusi Optimalkan Ruang



Dapur Bawah Tangga Minimalis Modern

cr:instagram/lazahrahome

Dapur bawah tangga ini memiliki ukuran yang tidak terlalu luas. Layout U-shaped digunakan untuk mengoptimalkan space yang terbatas tersebut. Meja dapur dalam bentuk U membuat pemilinya memiliki lebih banyak ruang untuk mengolah dan menyiapkan masakan. Dapur bawah tangga ini juga didesain dalam nuana biru navy dengan pencahayaan sorot, yang membuat dapur terlihat modern dan elegan. 


Dapur Bawah Tangga Serba Putih 

cr:instagram/tannurra

Siasati space bawah tangga yang mungil, dengan desain dapur serba putih seperti ini. Warna putih akan memberikan ilusi ruang yang terlihat lebih bersih dan lapang. Biarkan meja dapur cor dalam keramik bernuansa cokelat muda seperti ini. Warna ini memberikan percik kesegaran di dalam dapur bawah tangga ini. 


Dapur Bawah Tangga Minimalis Linear

cr:instagram/lona.homegarden

Sesuaikan dimensi area bawah tangga dengan desain dapur. Anda bisa membyar mode dapur single linear seperti ini. Furnitur dapur tampak berjajar rapi menyatu ke dinding. Desain kabinet atas juga dibuat built-in menyesuaikan bentuk struktur tangga di atasnya. Anda juga bisa memasang cooker hood untuk menyaring asap masakan, agar tidak menggumpal di dalam ruangan. 


Dapur Kayu Bawah Tangga dengan Aksen Biru

cr:instagram/olgasyadhilla

Optimalkan dapur bawah tangga dengan mendesain lebih banyak kabinet di area tersebut. Anda bisa membuat kabinet built-in dari material kayu seperti di atas. Bentuk kabinet menyesuaikan sudut dari kontruksi tangga. Dapur pun terlihat lebih berwarna dengan desain meja bar + kursi dapur dalam warna biru yang cerah nan segar. 


Penataan Dapur Bawah Tangga yang Aman dan Nyaman

cr:instagram/rumah_acca

Faktor keamanan dan kenyamanan harus jadi pertimbangan utama saat mendesain dapur bawah tangga. Selain desain dapur di atas, desain dapur ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kitchen set ditata pada dinding yang menghadap tangga, sehingga tampak lebih rapi dan presisi. Posisi ini mengurangi risiko area memasak terjatuhi debu dari anak tangga di atasnya. 

Faktor keamanan juga dimaksimalkan dengan membuat railing yang menutup tangga dan dapur secara penuh. Sekat hollow ini sangat pas, terutama bila Anda memiliki anak kecil atau lansia. Sehingga, mengurangi risiko yang tidak diinginkan terjadi. 


Dapur Bawah Tangga Mungil dan Rapi

cr:instagram/rumah_yodhaken

Meskipun tampak kecil, namun dapur bawah tangga yang satu ini dapat memuat kompor tanam, wastafel, cookerhood sampai meja bar. Anda bisa menambahkan penyimpanan dengan meletakkan kabinet di dalamnya. Buat dapur tampak tematik dengan menerapkan warna putih dan permukaan kecokelatan, sehingga tampak seperti dapur ala Scandinavian.  


Dapur Bawah Tangga dengan Nuansa Pink 

cr:instagram/vannyagustin

Keterbatasan ruang, jangan sampai membatasi kreativitas Anda. Anda bebas mendesain dapur bawah tangga dengan warna favorit. Misalnya, menerapkan warna serba pink pada kitchen set. Warna pink ini tampak senada dengan dinding dan plafon yang juga dalam nuansa warna pink. Karena dapur dibuat dalam desain open plan (terbuka), meja bar pink minimalis ini dijadikan sebagai pembatas, yang memberi privasi antara dapur dan area lain. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Desain Dapur Bawah Tangga Minimalis, Solusi Optimalkan Ruang sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English