Renov Ulang, Inilah 10 Ide Landscape Taman Samping Rumah Type 36


Helloshabby.com -- Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya, merenovasi ulang halaman samping rumah. Bila sebelumnya hanya berupa lahan kosong tak berpenghuni, percantik dengan beragam tanaman berwarni-warni dan ubah menjadi landscape taman samping rumah yang lebih menawan. 

Banyak ide yang bisa diaplikasikan untuk merenovasi ulang taman samping rumah. Beragam ide ini juga mudah dan tidak membuat boros pengeluaran. Misalnya, memanfaatkan batuan yang mudah didapatkan di sekitar rumah. Lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini: Renov Ulang, Inilah 10 Ide Landscape Taman Samping Rumah Type 36.


1. Lebih Estetis dengan Batuan Koral yang Dibentuk Indah 

cr: Hariyanto Harry

Tanah becek di samping rumah tentu tak sedap dipandang mata. Anda bisa mengubahnya jadi sebuah landscape taman samping rumah. Gunakan sebagian sisi untuk menanam rumput juga tanaman beraneka rupa. Manfaatkan batuan koral putih untuk menegaskan bentuk taman. Batuan koral ini juga sebagai kontras apik di taman samping rumah type 36 ini. 


2. Lebih Semarak dengan Rak Tanaman 

cr:instagram/fitricyra

Bila Anda kehabisan tempat untuk meletakkan tanaman hias, manfaatkan saja area taman samping rumah. Anda tinggal meletakkan rak susun di selasar taman. Pilih jenis rak memanjang mengikuti bentuk beranda, supaya Anda bisa menyimpan lebih banyak tanaman. Tanaman dalam rak ini juga akan menyemarakkan landscape taman samping. 


3. Jalan Setapak yang Unik 

cr:instagram/syarifaherliana

Berjalan di atas rumput yang becek tentu tidak nyaman, bukan? Sebagai solusinya, Anda bisa membuat jalan setapak minimalis di area taman. Jalan setapak dibentuk berliku supaya landscape taman terlihat lebih dinamis. Di pojok taman, buat kursi dan meja taman permanen untuk menikmati udara segar di taman samping rumah.  

 

4. Ide Taman Samping Rumah Multifungsi 

cr:instagram/dhita_travesti

Taman samping rumah memang tempat yang tepat untuk merawat koleksi aneka tanaman hias. Biar lebih multifungsi, Anda bisa menghamparkan batuan kali di tanah taman. Pilih model batu kali dengan warna krem dan abu-abu, supaya taman tampak lebih dinamis. Bukan hanya menarik, batuan kali ini juga bisa dijadikan media refleksi kaki. Cukup multifungsi, bukan


5. Landscape Taman Samping dengan Pohon Rindang 

cr:instagram/citraki

Landscape taman samping rumah yang masih terbuka, baiknya ditanami sebuah pohon yang rindang. Pohon ini akan membuat taman terasa lebih asri dan teduh. Batang dan cabang ranting bisa pula dimanfaatkan untuk menggantung tanaman hias, seperti lee kwan yeu, monstera, sirih gading dan tanaman paku. 


6. Ide Landspace Taman Samping Minimalis 

cr:instagram/gamayacraft

Rumah type 36 memang cenderung memiliki halaman samping yang kecil. Tapi, Anda bisa membuatnya tampak menarik seperti taman di samping. Area taman dan teras tampak menyatu, supaya lebih menghemat space. Dinding dan alas taman dimanfaatkan untuk meletakkan tanaman hias. Ditambahkan pula rumput sintetis agar nuansa taman terasa lebih hijau nan segar. 


7. Lebih Praktis dengan Rumput Sintetis 

cr:instagram/rumah_rayyan

Taman yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki taman simpel sekaligus ruang untuk bersantai. Lahan samping rumah dipasangi rumput sintetis yang mudah dalam perawatannya. Dinding semen dijadikan media tanaman rambat. Atapnya ditutup menggunakan atap transparan supaya tetap terang. 


8. Taman Samping dengan Batu Alam Templek 

cr:instagram/chanmiyake

Bila dinding taman tampak biasa saja, Anda bisa merenovasi ulang dengan menambahkan batu alam templek. Batu templek akan membuat taman jadi lebih asri dan dinamis. Supaya lebih menghemat budget, Anda bisa mengaplikasikan batu templek hanya pada satu dinding eksterior saja. 


9. Landscape Taman Samping Rumah yang Rimbun

cr:instagram/nila.bramantyo

Model taman samping 36 bisa pula dibuat rimbun seperti di atas. Kesan rimbun hadir dari beragam tanaman pendek yang memiliki daun-daun yang lushy dan subur. Meski begitu, masih terdapat lahan kosong untuk membuat taman tetap terlihat lapang. 


10. Taman Samping sekaligus Resapan Air

cr:instagram/vonny_wulandari

Taman samping terbuka juga bisa dijadikan lahan resapan air. Di atas lahan, turut ditanami rumput dan pohon supaya lebih maksimal untuk meresap air hujan. Jalan setapak dibuat bentuk L yang mengikuti dimensi taman. Jalan setapak ini sangat pas sebagai jalur dari luar rumah ke area rumah. 


Terimakasih telah menyimak artikel Renov Ulang, Inilah 10 Ide Landscape Taman Samping Rumah Type 36 sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Baca juga :

7 Desain Taman Samping Rumah yang Indah dan Menarik

Helloshabby.com -- Taman tak harus dihadirkan di area depan atau belakang rumah. Bila memiliki sisa lahan di samping rumah, tak ada salahnya memanfaatkan lahan tersebut sebagai taman samping rumah yang segar. Taman samping rumah umumnya memiliki bentuk memanjang mengikuti panjang dari bangunan rumah....

7 Ide Landscape Taman Samping, Jadikan Rumah Makin Sejuk

  Helloshabby.com - Mungkin kebanyakan orang disibukkan dengan desain eksterior taman minimalis pada area depan atau belakang rumah, namun bagi anda yang memiliki lahan cukup luas  di sekitar rumah tak ada salahnya untuk menghadirkan suasana baru yaitu dengan membuat taman landscape samping...

Desain Taman Samping Rumah Terbaik Tahun Ini

 Helloshabby.com - Memiliki taman di area rumah, memang menajdi impian setiap orang termasuk anda. Selain bisa mempercantik rumah, keberadaan taman juga bisa membuat udara di sekitar rumah jadi lebih sehat. Meskipun taman biasanya terletak di halaman rumah, teras atau belakang rumah namun...


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber



Categories in English