7 Desain Kamar Tidur Minimalis di Loteng. Modern dan Anti Panas!


Helloshabby.com -- Kamar tidur di loteng mungkin masih terdengar asing bagi kita. Tapi, desain kamar tidur loteng cukup populer di manca negara. Kamar tidur loteng bisa dijadikan opsi untuk menambah ruang tidur pada rumah dengan ukuran yang terbatas. Desain kamar ini juga sangat pas untuk anggota keluarga yang lebih menyukai kamar yang terpisah dari ruang-ruang bersama, supaya bisa istirahat dengan lebih nyenyak dan tak terganggu suara bising. 

Nah khusus untuk Anda yang ingin menyulap loteng (bagian langit-langit rumah dengan papan) jadi sebuah kamar tidur minimalis yang nyaman, simak ulasan 7 Desain Kamar Tidur Minimalis di Loteng. Modern dan Anti Panas! Ulasan ini juga disertai tips untuk mewujdukan kamar tidur loteng. 
 

Desain Kamar Tidur Minimalis yang Trendi  

cr:instagram/tatiana_home_decor

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kontruksi atap. Ketinggian alas loteng dengan plafon idealnya tidak kurang dari 2-2,4 meter. Batas aman kemiringan atap adalah 50% atau sekitar 84 inci. Ukuran ini dirasa memberikan jarak yang cukup untuk posisi berdiri dalam loteng. 

Selanjutnya, Anda bisa mengisi kamar loteng sesuai keinginan. Lantai bisa menggunakan parket atau vinil untuk ruangan yang lebih adem dan classy. Sebuah kasur minimalis cukup diletakkan di loteng berukuran kecil. Percantik kamar loteng dengan rangkaian lampu senar supaya memberikan visual kamar tidur yang keren dan menenangkan. 


Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Kasur Lesehan 

cr:butikevlersapanca

Cek juga material kontruksi atap. Rangka baja ringan cukup menyulitkan proses pembuatan kamar, karena kuda-kuda baja ringan yang berjarak rapat. Baiknya menggunakan kuda-kuda kayu atau beton yang memudahkan pembuatan ruangan. 

Biasanya area loteng memang cukup sulit untuk dijangkau. Anda pun bisa kesulitan menghadirkan kamar tidur dengan ranjang yang besar. Maka, opsi kamar lesehan bisa dijadikan pilihan. Kamar lesehan cenderung praktis dan tetap nyaman digunakan. 


Desain Kamar Tidur di Loteng yang Cerah 

cr:instagram/castlenumber19

Setelah kontruksi atap, ada baiknya lantai loteng dibuat cor atau dak. Hal ini supaya lantai loteng kuat untuk menampung furnitur dan aktivitas di atasnya. Gunakan material penutup lantai yang ringan seperti kayu atau vinil untuk mengurangi beban. Beri lapisan anti rayap agar tidak lapuk dimakan rayap. 

Dari segi visual, pilih desain kamar tidur minimalis yang menarik dipandang mata. Misalnya, mengecat dinding loteng dengan kombinasi warna cat terakota dan putih untuk kesan ruangan yang lebih cerah. Anda juga bisa meletakkan wastafel minimalis untuk memudahkan cuci muka di dalam kamar. Pastikan saja saluran air wastafel terpasang sempurna untuk menghindari kebocoran. 


Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Gaya Tradisional 

cr:instagram/farida.suwarko

Loteng biasanya memiliki hawa yang lebih panas. Anda bisa memasang insulator di bawah lapisan genteng, seperti aluminium foil, glass wool, atau polyurethane.

Desain kamar tidur loteng baiknya dibuat minimalis dengan sentuhan gaya favorit. Misalnya, memilih bed cover dalam motif bunga-bunga bergaya vintage. Kabinet usang yang tak terpakai juga masih bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan buku atau dekorasi lainnya. Sejukkan juga dengan meletakkan tanaman hijau. 


Desain Kamar Tidur Minimalis yang Sejuk 

cr:instagram/yougrowgirl_

Ingin kamar tidur di loteng jadi lebih sejuk? Pastikan Anda memasang jendela untuk akses udara alami yang lebih banyak. Jika jendela tidak cukup, pasang juga pendingin tambahan seperti AC. Buat makin segar dengan meletakkan tanaman hijau penghasil udara di dalam kamar. Beragam tanaman tersebut bisa ditaruh di dekat jendela atau di samping kasur. 


Kamar Tidur Minimalis di Loteng dengan Atap Skylight

cr:instagram/newavenuehomes

Banyak desain kamar tidur minimalis dilengkapi dengan atap skylight atau atap kaca transparan. Atap ini membantu penerangan di siang hari, supaya kamar tetap terang alami tanpa bantuan energi listrik. Ukuran skylight disesuaikan dengan kebutuhan. Skylight ini bisa dipasang pada sisi tergelap kamar tidur. 

Pastikan juga memasang tangga menuju loteng di area yang tidak mengganggu aktivitas di bawah loteng. Tangga loteng harus dilengkapi dengan railing memadai untuk menunjang keamanan. 


Desain Kamar Tidur Minimalis di Loteng dengan Furnitur Ramping

via:instagram/rumahouse.id

Biasanya ukuran loteng tidak begitu luas. Oleh karena itu, lebih baik memilih desain furnitur yang ramping dan hemat tempat. Untuk kamar personal, desain single bed dengan ranjang kayu kecil bisa diletakkan di loteng. Begitupun dengan meja dan kabinet dalam ukuran yang kecil supaya hemat tempat dan pondasi loteng masih bisa menampung beban dari furnitur di atasnya. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Desain Kamar Tidur Minimalis di Loteng. Modern dan Anti Panas! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Baca juga :

6 Gaya Scandinavia Untuk Kamar Anak

  Helloshabby.com - Interior ruangan dengan gaya Scandinavia sampai saat ini masih menjadi tren center di kalangan keluarga muda. Konsep interiornya yang mengusung warna putih dan furnitur kayu juga dengan sentuhan warna agak terang mampu membuat suasana pada rumah modern bisa tampil lebih...

7 Cara Mendesain Interior Kamar Tidur yang Super Nyaman

Helloshabby.com -- Tatanan furnitur atau perabot kamar akan sangat menentukan kenyamanan di tempat tidur. Anda harus tahu bagaimana baiknya sebuah furnitur ditata atau dipasangkan dengan perabot lain.  Bila tidak, ruangan akan tampak tak beraturan dan tidak rapi. Penataan perabot kamar yang salah...

6 Desain Terbaru Kamar Tidur Lesehan yang Hemat Biaya

 Helloshabby.com - Menurut anda apakah alasan yang paling mendasari pemilik hunian untuk mendesain kamar mereka dengan konsep lesehan atau kasur tanpa dipan? Yap, tentu saja karena ukuran ruangan pada kamar yang dimiliki tidak memungkinkan untuk menggunakan dipan. Namun tahukah anda jika sebetulnya...


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber, tips pembuatan kamar loteng credit to nyaman.apps


Categories in English