7 Cara Mendesain Interior Kamar Tidur yang Super Nyaman


Helloshabby.com -- Tatanan furnitur atau perabot kamar akan sangat menentukan kenyamanan di tempat tidur. Anda harus tahu bagaimana baiknya sebuah furnitur ditata atau dipasangkan dengan perabot lain.  Bila tidak, ruangan akan tampak tak beraturan dan tidak rapi. Penataan perabot kamar yang salah pun akan membuat ruang gerak semakin sempit dan tidak nyaman. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui cara mendesain interior kamar tidur yang baik dan tepat.

Kamar tidur nyaman juga bisa didapatkan dari penataan interior yang sederhana. Sebagai inspirasi kami hadirkan ulasan 7 Cara Mendesain Interior Kamar Tidur yang Super Nyaman, di bawah ini!


1. Perhatikan Ukuran Dimesi Kamar Tidur 

cr:instagram/meyrizkiaa

Hal pertama yan harus diperhatikan adalah seberapa luaskah lahan kamar tidur Anda. Kamar  tidur berukuran kecil tentu terlihat kurang pas bila dipenuhi terlalu banyak furnitur berukuran besar. Bila kamar tidur cenderung kecil dan sempit, misalnya berukuran 2x3 meter saja, desain interior kamar di atas bisa dicoba. Anda bisa menggunakan model kasur lesehan untuk membuat kamar jadi lebih lapang. Karena ukurannya cukup kecil, tak masalah meletakkan meja rias minimalis tepat di samping kasur. Gelar karpet estetik untuk alas duduk saat merias diri. Karpet ini selain cantik juga membuat ruangan terkesan lebih hangat. 


2. Menentukan Tema Tampilan Kamar Tidur 

cr:instagram/srirutiana

Kamar tidur yang super nyaman juga ditunjang oleh visualisasi ruang. Baiknya kamar memiliki tampilan tema yang jelas, misalnya tema warna putih atau abu-abu, seperti kamar tidur di atas. Nuansa warna putih dijadikan warna dominan untuk membuat ruang kecil terasa tetap luas dan lapang. Sentuhan warna abu-abu, pink, hitam dan lainnya dijadikan warna dekoratif yang menyemarakkan ruangan. Sentuhan reliji yang syahdu pun ditambahkan pada dekorasi dinding untuk memberikan ketenangan tersendiri saat berada di dalam kamar tidur. 



3. Perhatikan Jarak Satu Furnitur dengan Furnitur Lainnya 

cr:instagram/aparna_pb

Penataan furnitur kamar yang tidak tepat akan membuat ruang gerak di kamar terasa sempit dan menimbulkan ketidak-nyamanan. Setelah memastikan ukuran dan tema ruangan, pastikan Anda menata furnitur dengan baik. 

Kamar tidur bertema Boho di atas bisa jadi rujukannya. Furnitur dipilih dalam bentuk yang beragam. Berbagai furnitur penyimpanan diletakkan merapat ke dinding, sedangkan spring bed ditata di dekat jendela. Antara lemari dan spring bed terdapat space yang cukup untuk akses berjalan menuju balkon dan memudahkan saat membuka pintu lemari. Kamar tidur di samping jendela juga sangat recommended, karena Anda dapat menikmati pemandangan luar dari matras. 


4. Pastikan Memilih Padu Padan Warna yang Cantik

cr:instagram/shilpshilpabhi

Warna juga menjadi elemen yang menentukan kenyamanan kamar tidur. Bila mengingkan kamar tidur yang cerah berwarna, pastikan memilih kombinasi warna yang pas dan menarik. Anda bisa memilih bed cover kuning dipadukan dengan tirai jendela putih beraksen floral ungu yang cantik. Dinding polos dicat ulang dengan warna biru terang. Tak lupa rak tangga mini berwarna biru juga bisa digunakan untuk meletakkan dekorasi dan tanaman hias. 



5. Pilih Dekorasi Kamar Tidur Sesuai Tema Kamar Tidur

cr:instagram/astri_purplehomie

Dekorasi adalah elemen penting untuk membuat kamar jadi indah dipandang mata. Pastikan Anda memilih dekorasi kamar yang sesuai dengan tema yang diusung. Misalnya, kamar tidur di atas. Kamar ini bernuansa ungu dengan dekorasi berwarna biru keunguan dan tanaman hijau. Rasanya kurang pas bila kamar ungu nan hangat ini menggunakan dekorasi berwarna kuning atau merah pop yang menyala. Jadi, pastikan Anda memilih dekorasi yang pas dengan tema ruangan. 


6. Menambahkan Hiburan Di Dalam Kamar Tidur 

cr:instagram/nayyarashome

Kamar tidur akan jadi super nyaman bila dilengkapi media hiburan yang memadai. Anda boleh banget memasang televisi sebagai alternatif hiburan di kamar. Televisi ini baiknya diletakkan sejajar dengan arah kasur, supaya Anda bisa tiduran sambil menonton acara televisi. Televisi bisa dipasang pada backdrop TV yang menempel di dinding. Backdrop TV akan membuat ruang tidur jadi lebih hemat tempat. 


7. Opsi Kasur Di Tengah dan Furnitur Ramping

cr:instagram/puput_bakhtar

Meletakkan kasur tak harus dirapatkan pada dinding. Anda bisa mendesain kasur berada di tengah ruangan. Desain penataan ini akan menghasilkan lebih banyak ruang, sehingga kamar jadi lebih dinamis. Untuk kamar tidur mungil, sebaiknya Anda memilih lemari ramping dengan model pintu geser yang lebih hemat tempat. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Cara Mendesain Interior Kamar Tidur yang Super Nyaman sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Baca juga :

6 Desain Terbaru Kamar Tidur Lesehan yang Hemat Biaya

 Helloshabby.com - Menurut anda apakah alasan yang paling mendasari pemilik hunian untuk mendesain kamar mereka dengan konsep lesehan atau kasur tanpa dipan? Yap, tentu saja karena ukuran ruangan pada kamar yang dimiliki tidak memungkinkan untuk menggunakan dipan. Namun tahukah anda jika sebetulnya...

Ingin Punya Kamar Tidur dengan Warna Pink? Yuk Intip 7 Inspirasi Kamar Tidur Cantik Ini!

Helloshabby.com -- Warna pink memang cantik dan mengesankan. Tak ada salahnya mengaplikasikan sentuhan warna pink ke dalam kamar tidur. Sentuhan warna pink bisa membuat kamar terlihat lebih manis. Pink tidak selalu identik dengan warna yang 'ngejreng' dan kekanakan. Ada juga kok beragam shade warna...

7 Desain Kamar Utama Minimalis yang Bikin Betah Seharian

Helloshabby.com -- Adakalanya menghabiskan akhir pekan di dalam kamar terasa menyenangkan, daripada jauh-jauh ke luar rumah. Apalagi di situasi saat ini, barangkali kamar juga bisa merangkap sebagai tempat work from home, tempat bersantai dan berbagi cerita. Begitu pentingnya sebuah kamar, maka desain...


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English