7 Inspirasi Desain Ruang Cuci Pakaian untuk Rumah Ukuran 2x1 M


Helloshabby.com -- Mencuci baju memang bisa dilakukan di mana saja, misalnya di kamar mandi. Tapi akan lebih menyenangkan bila mencuci di area tersendiri. Ini supaya aktvitas penghuni rumah tidak terkendala oleh aktivitas mencuci yang biasanya cukup menyita waktu.

Bila hunian Anda termasuk rumah minimalis yang terbatas lahan, tak ada salahnya mendesain ruang cuci pakaian dengan ukuran mungil, 2x1 Meter misalnya. Dengan ukuran ini, Anda sudah bisa meletakkan alat mencuci sampai dekorasi yang memadai. Bila Anda memerlukan inspirasi ruang cuci yang menarik, simak 7 Inspirasi Desain Ruang Cuci Pakaian untuk Rumah Ukuran 2x1 M. Dari inspirasi ruang mencuci tangan sampai dengan mesin cuci kekinian ada di sini!


Desain Ruang Cuci Jemur Semi Terbuka Ukuran 2x1 M

cr:instagram/avie_novi

Sisi rumah bisa dijadikan ruang cuci pakaian yang kecil tapi keren. Anda bisa membuatnya semi-terbuka dengan bantuan atap transparan dan jendela yang memadai. Di atas mesin cuci dipasang jemuran besi untuk mengeringkan pakaian. Cahaya matahari yang melalui atap akan sangat membantu proses pengeringan pakaian. Desain ruang cuci 2x1 Meter ini juga didekorasi dengan beragam tanaman untuk menyegarkan tampilan ruang cuci jemur yang satu ini.


Desain Ruang Cuci Pakaian Manual (Kucek Bilas)

cr:instagram/puspa_nadia

Sebagian dari kita mungkin masih mencuci dengan cara kucek-bilas pakai tangan. Ini tak jadi soal. Anda tetap bisa menghadirkan ruang cuci pakaian yang nyaman dan kekinian. Ruang berukuran 2x1 Meter terbilang cukup untuk proses mencuci, mengucek dan membilas pakaian. Rak-rak besi minimalis bisa dipasang di dinding untuk menyimpan detergen dan alat kebersihan lain. Ruang ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menaruh baju-baju kotor. Sediakan saja keranjang laundry di ruangan ini. Dengan begitu, mencuci jadi lebih mudah.


Desain Ruang Cuci Pakaian ala Shabby Chic

cr:instagram/diah_nursusanti

Desain ruang cuci ukuran 2x1 Meter juga bisa tampil ala shabby chic dengan kesan antik, lembut dan menarik. Kesan antik dihadirkan dari pemilihan dekorasi yang tampak usang, seperti kursi besi usang, tas belanja rajut, sampai rak kayu DIY. Kesan lembut tampil dari pemilihan cover mesin cuci dalam warna merah jambu. Ruang cuci ini juga makin menarik berkat penggunaan keramik dengan motif batu alam. Tanaman-tanaman pun membuat ruang cuci pakaian ini terlihat segar. 



Desain Ruang Cuci Pakaian yang Praktis 

cr:instagram/ernayantoko

Ruang cuci pakaian bisa dihadirkan di tempat tersempit di rumah sekalipun. Letakkan saja mesin cuci pada area sempit tersebut. Di ruang vertikal seperti dinding, Anda bisa memasang beberapa alat penunjang misalnya rak ambalan dan jemuran pakaian minimalis. Ruang cuci ini  didekorasi dengan tanaman hias dan stiker hias pola kupu-kupu hitam. Sisa space yang ada juga dimanfaatkan untuk meletakkan alat menyetrika dan menggantung handuk basah.  



Desain Ruang Cuci Jemur Terbuka Ukuran 2x1 Meter 

cr:instagram/flysophia

Menghadirkan ruang cuci jemur di area terbuka juga bisa dilakukan. Pastikan saja, area terbuka cukup aman dari tempias hujan dan risiko banjir. Anda bisa membuat atap dak cor atau kanopi untuk menaungi mesin cuci. Di ruang vertikal, Anda tinggal memasang jemuran pakaian. Menggantung pakaian dalam hanger lebih praktis dan hemat tempat daripada 'menjabarkan' pakaian dalam tali tambang.



Desain Ruang Cuci Jemur Modern Ukuran 2x1 M

cr:instagram/lacasa.delalita

Bila Anda was-was bila menjemur pakaian di area terbuka, desain ruang cuci jemur ini bisa dicontoh. Ukurannya memang mungil, tapi pemilik mendesainnya dengan efektif dan efisien. Bagian sisi kanan digunakan khusus untuk tempat mencuci dan meletakkan detergent dan baju kotor. Untuk itu, dipasang rak ambalan panjang agar bisa menampung lebih banyak barang. Sedang di sisi kiri digunakan untuk menjemur pakaian. Area ini juga lebih privat dengan adanya pembatas roster. Atap menggunakan kombinasi kanopi asbes dan transparan supaya tetap terang. 



Desain Ruang Cuci Pakaian yang Cerah

cr:instagram/putyzola

Untuk mendapatkan ruang cuci yang cerah, Anda bisa menggunakan kombinasi keramik dan warna cat. Pilih model keramik dinding dengan warna krem, begitupun pada warna cat dinding. Pilih juga lantai keramik dengan motif batu alam untuk memberikan kesegaran. Lantai keramik ini bukan hanya unik, tapi juga kesat dan anti licin. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Inspirasi Desain Ruang Cuci Pakaian untuk Rumah Ukuran 2x1 M sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Baca juga :

Ide Ruang Cuci Dekat Kamar Mandi, Bikin Nyuci Baju jadi Lebih Mudah!

Helloshabby.com -- Selain memasak, mencuci baju adalah kegiatan yang memerlukan tempat tersendiri. Ini karena mencuci baju memerlukan peralatan dan saluran air yang memadai. Salah satu tempat terbaik untuk mendesain tempat mencuci adalah area di dekat kamar mandi. Area dekat kamar mandi biasanya memiliki...

Ide Ruang Cuci Jemur Dekat Taman, Bikin Nyuci Baju jadi Asik!

Helloshabby.com -- Ada kalanya kita merasa malas untuk mencuci dan menjemur pakaian. Rasa malas ini kiranya bisa diminimalisir dengan mendesain sebuah ruang cuci jemur yang asik dan menarik. Anda dapat membuat ruang laundry yang berdekatan dengan taman hijau mini. Hijaunya taman akan memberikan...

7 Desain Ruang Cuci dan Jemur Baju di Belakang Rumah

Helloshabby.com - Memiliki hunian dengan lahan yang tak luas dan terbatas memang menuntut anda berpikir lebih kreatif dalam mengatasi keterbatasan tersebut agar space yang tersisa berfungsi dengan baik dan hunian andapun akan terorganisir di setiap ruangannya. Laundry room terkadang menjadi ruangan...



Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English